5 Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicoba

Dany Garjito
5 Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicoba
Chef Wiji Mulyono dari Restoran Warung Wardani mengatakan ada tiga jenis sate lilit. (Suara.com/Risna Halidi)

Berikut ini lima makanan khas Bali.

Suara.com - Pulau Bali tak hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang cantik dan memesona. Namun, kuliner khas Bali juga digandrungi oleh banyak wisatawan.

Maka tak heran jika Bali tak pernah sepi pengunjung. Selain pesona lautnya yang indah, budayanya yang unik, makanan khasnya pun lezat dan berbeda dengan makanan daerah lainnya. Berikut ini lima makanan khas Bali yang jangan sampai terlewat untuk dicicipi saat berkunjung ke Pulau Dewata.

  1. Sate Lilit
    Jika sate pada umumnya dipotong-potong dadu kemudian ditusuk dengan kayu lalu dibakar dengan bumbu kecap, sate lilit khas Bali ini punya bentuk dan cara pengolahan yang berbeda. Pertama, daging dihaluskan dengan bumbu-bumbu lalu dililitkan ke batang daun serai atau tangkai bambu. Kemudian dipanggang hingga matang. Sate lilit ini sangat cocok disantap dengan sambal matah.
  2. Babi Guling
    Bagi Anda wisatawan non muslim, wajib menjajal hidangan yang satu ini. Sebab, kuliner khas Pulau Dewata ini tak hanya dicari oleh wisatawan lokal namun hingga mancanegara. Dagingnya yang empuk dan juicy dengan bumbu khas Bali, menjadikannya sebagai kuliner wajib yang harus dicicipi.
  3. Nasi Jinggo
    Jika di Jawa Tengah maupun Yogyakarta Anda mengenal nasi kucing, maka di Bali disebut dengan nasi jinggo. Porsi nasinya sedikit yakni hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa, kemudian ditambah lauk pauk yang beragam seperti ayam suwir, mi goreng, tempe goreng dan sambal super pedas. Dijamin, Anda akan nambah sebungkus atau dua bungkus lagi ketika menyantapnya. Karena rasanya yang bikin ketagihan.
  4. Nasi Tepeng
    Makanan khas Gianyar, Bali, ini bahan utamanya ialah nasi yang bertekstur seperti bubur. Kemudian di atasnya ditaburi kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan parutan kelapa. Anda juga bisa meminta untuk menambahkan suwiran daging ayam jika berkenan. Keunikan dan aroma khas nasi tepeng akan membuat Anda ketagihan ingin terus menyantapnya.
  5. Ayam Betutu
    Ayam betutu bisa jadi salah satu kuliner Bali yang paling populer. Makanan ini terbuat dari ayam atau bebek utuh yang sudah dibumbui rempah-rempah kuning. Lalu daging ayam dan bebek itu dipanggang atau direbus bersama bumbu-bumbu lalu disajikan dengan nasi hangat.

Jangan lupa untuk memesan plecing kangkung yag terbuat dari kangkung rebus, sambal segar, dan taburan kacang yang akan membuat pengalaman menyantap kuliner Bali Anda terasa lengkap dan nikmat.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Baca Juga: Jadi Momen Sakral, Inilah Tradisi Unik saat Hari Raya Galungan dan Kuningan

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS