5 Manfaat yang Bisa Didapat dari Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
5 Manfaat yang Bisa Didapat dari Hari Bebas Kendaraan Bermotor
Car Free Day Bekasi.. (Antara)

Yuk, mulai biasakan tinggalkan kendaraan bermotor untuk mobilitas sehari-hari.

Suara.com - Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day dirayakan setiap 22 September setiap tahunnya untuk mengurangi polusi dan pencemaran udara yang merusak lingkungan.

Dilansir Green Peace, lebih dari 95 persen populasi dunia menghirup udara berbahaya, yang merupakan penyebab kematian keempat di seluruh dunia, menewaskan 4,2 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Ini juga merupakan masalah yang sangat serius bagi kesehatan planet kita. Baru-baru ini, Greenpeace merilis laporan berdasarkan penelitian baru dari German Aerospace Center, kita hanya memiliki sepuluh tahun untuk menyingkirkan kendaraan berbahan bakar fosil jika kita ingin menghindari dampak terburuk perubahan iklim. Usia kendaraan berbahan bakar fosil harus segera berakhir.

Untuk itu, cara terbaik untuk merayakan hari ini adalah dengan tidak menggunakan kendaraan dan menggantinya dengan berjalan kaki, bersepeda atau menumpang transportasi umum.

Baca Juga: Bahaya! Tingkat Polusi Ozon Meningkat Selama 20 Tahun Terakhir

Dan berikut adalah lima manfaat yang akan kamu dapatkan jika mulai meninggalkan kendaraan bermotor untuk mobilitas sehari-hari.

1. Lebih sedikit polusi udara dan suara
Ketika pusat kota Paris menjadi bebas mobil pada tahun 2015, tingkat nitrogen dioksida turun hingga 40 persen di beberapa bagian kota, dan tingkat kebisingan turun hingga setengahnya di pusat kota.

2. Lebih banyak ruang untuk hidup, bukan lalu lintas
Membebaskan jalan dari dominasi lalu lintas membuat lebih banyak ruang untuk taman, alun-alun, dan kehidupan komunitas. Ruang hijau juga dapat menghidupkan kembali beberapa keanekaragaman hayati perkotaan kita yang hilang.

3. Infrastruktur yang lebih baik untuk transportasi aktif
Jalan kaki, bersepeda, skateboard, sepatu roda, dan bentuk transportasi aktif lainnya baik untuk tubuh kita dan planet ini. Lebih sedikit ruang untuk mobil berarti lebih banyak ruang untuk jalur sepeda dan infrastruktur pejalan kaki yang aman di jalan.

4. Lebih hemat
Lebih banyak uang tersisa untuk transportasi umum bertenaga energi yang lebih baik dan terbarukan serta skema berbagi mobil listrik yang lebih berkelanjutan. Membangun dan memelihara jalan untuk mobil membutuhkan banyak uang. Mengalihkan investasi itu ke transportasi berkelanjutan berarti kita dapat memiliki mobilitas nyaman yang sama tanpa jejak karbon.

Baca Juga: Studi: Polusi Udara Bisa Sebabkan Kerontokan Rambut

5. Planet menjadi lebih sejuk
Menyingkirkan jalanan yang bising dan mengurangi mobil yang mengeluarkan polusi akan membantu mendinginkan planet kita. Taman akan menyerap panas dan akan membantu mengurangi pulau-pulau panas perkotaan dibandingkan beton. Tentu saja ini akan membuat kota kita menjadi tempat tinggal yang lebih sejuk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS