Transaksi Belanja Daring Kebutuhan Ibu dan Anak Meningkat Selama Pandemi

Risna Halidi | Lilis Varwati
Transaksi Belanja Daring Kebutuhan Ibu dan Anak Meningkat Selama Pandemi
Ilustrasi belanja online. (Shutterstock)

Pandemi Covid-19 terbukti tak menyurutkan hasrat masyarakat Indonesia untuk berbelanja daring.

Suara.com - Pandemi Covid-19 terbukti tak menyurutkan hasrat masyarakat Indonesia untuk berbelanja daring.

Kebijakan pembatasan wilayah justru mendorong banyak orang untuk melakukan aktivitas keluarga di rumah, termasuk dalam memenuhi kebutuhan ibu dan anak.

Hal itu berdampak pada meningkatnya transaksi pembelian kategori Ibu dan Anak di marketplace selama pandemi.

Strategic Initiatives Senior Lead (Mom Baby & Home Living Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti mengatakan, selama Agustus 2020, kategori Ibu dan Anak terus mengalami peningkatan hampir dua kali lipat selama pandemi jika dibandingkan dengan transaksi bulanan sebelum pandemi.

Baca Juga: Biar Tidak Kecewa, 5 Tips Belanja Online Kebutuhan Pokok

"Produk perawatan bayi seperti tisu basah, susu formula, popok dan sabun mandi menjadi beberapa produk di kategori Ibu dan Anak yang paling populer belakangan ini," kata Rizki dalam webinar bersama media, Senin (28/9/2020).

Menurut Rizki, peningkatan transaksi itu juga sebagai bentuk kontribusi mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ia menyampaikan hingga saat ini, ada sekitar 9 juta UMKM yang telah bermitra dengan Tokopedia.

Salah satunya Mooi Official yang mengalami peningkatan penjualan sebesar lebih dari sembilan kali lipat selama pandemi.

Upaya lain yang dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan ibu dan anak, lanjut Rizki, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra.

"Misalnya, kali ini dengan menghadirkan Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020, yang di dalamnya mencakup edukasi, hiburan, serta pengalaman belanja kebutuhan ibu dan anak secara menyenangkan," katanya.

Baca Juga: Belanja Online Meningkat, BPOM Amankan Obat dan Makanan Ilegal Rp 50 Miliar

“Dengan berkolaborasi, Tokopedia juga terus berupaya menyediakan panggung bagi pegiat usaha lokal dalam menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi sekaligus berkontribusi memulihkan perekonomian Indonesia,” tutup Rizki.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS