Kabar Baik, Warga Bisa Memilah Sampah dari Rumah Hanya Melalui Ponsel!

Risna Halidi | Lilis Varwati
Kabar Baik, Warga Bisa Memilah Sampah dari Rumah Hanya Melalui Ponsel!
Ilustrasi sampah plastik. (BBC)

Garnier bekerjasama dengan eRecycle mengajak masyarakat untuk memilah sampah hanya dengan menggunakan aplikasi.

Suara.com - Memilah sampah jadi bagian yang penting untuk menyelamatkan lingkungan dari pencemaran. Tetapi, tindakan itu belum sepenuhnya disadari masyarakat yang belum terbiasa memilah jenis-jenis sampah. 

Menyadari isu tersebut, Brand kecantikan Garnier bekerjasama dengan eRecycle mengajak masyarakat untuk memilah sampah hanya dengan menggunakan aplikasi.

Lewat program itu, Garnier menyadari bahwa wadah produk kecantikan turut menyumbang jumlah sampah.  Karenanya melalui komitmen Green Beauty, konsumen diajak untuk melakukan daur ulang kemasan Garnier dengan cara mengunduh aplikasi eRecycle di ponsel.

"Kemasan Garnier nantinya bisa dikumpulkan dan dijemput untuk didaur ulang oleh pihak Garnier," terang Manashi Guha, General Manager Consumer Product Division, L’Oréal Indonesia dalam webinar konferensi virtual pada Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Program CSR, Daihatsu Persembahkan Program "Penyu untuk Indonesia"

Berbagai jenis sampah bisa dipilah dan disalurkan melalui aRecycle mulai dari sampah plastik, kertas, hingga botol kaca. Aplikasi tersebut juga menyediakan sistem jemput ke rumah untuk mengambil sampah. 

Menurut Manashi, selama pandemi, kebanyakan orang berdiam diri di rumah sehingga berpotensi bertambahnya sampah domestik yang semakin sulit dihindari. 

"Kita tidak bisa menunggu (waktu yang tepat untuk kampanye daur ulang sampah). Apalagi sekarang stay at home jadi sampah domestik tidak bisa terhindarkan," katanya.

Sementara itu, Co-Founder and Business Head eRecycle Dicky Wiratama mengatakan, aplikasi itu cocok bagi anak-anak muda yang telah banyak peduli dengan isu sampah. Tetapi masih bingung cara mendaur ulang sampah. 

Dicky menjelaskan, sampah yang telah dipilah nantinya akan didistribukan ke bank sampah untuk kembali dipilah kemudian dikirimkan ke pabrik daur ulang untuk kembali diolah jadi produk lain. 

Baca Juga: Tak Mau Alat Berat Rusak Lingkungan, Warga Jomboran Tolak Penambangan Pasir

"Garnier dan eRecycle kerjasama dengan tujuh pabrik daur ulang terpilih," katanya. Ia menambahkan, aplikasi eRcycle dapat diunduh melalui playstore juga app store. Lewat aplikasi itu juga aterdapat sejumlah informasi menenai jenis-jenis sampah dan cara memilahnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS