Biar Hasilnya Lebih Optimal, Simak 6 Tips Menggunakan Minyak Esensial

Rima Sekarani Imamun Nissa
Biar Hasilnya Lebih Optimal, Simak 6 Tips Menggunakan Minyak Esensial
Aneka minyak esensial. (Shutterstock)

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan minyak esensial untuk merawat kulit.

Suara.com - Salah satu bahan yang direkomendasikan untuk perawatan wajah adalah essential oil atau minyak esensial. Meski begitu, ada beberapa hal perlu diperhatian sebelum memasukkannya dalam rutinitas skincare.

Jangan sembarangan mengaplikasikan minyak esensial ke wajah. Merangkum Yukepo.com, berikut beberapa tips menggunakan essential oil.

Lakukan percobaan sebelum memasukkan minyak esensial dalam rangkaian skincare

Walau banyak manfaat, minyak esensial juga bisa memicu alergi dan iritasi. Saat mencoba dan muncul iritasi kulit, segera hentikan pemakaian.

Baca Juga: Jangan Gunakan Skincare Vitamin B dan Vitamin C Bersamaan, Ini Akibatnya!

Minyak esensial (Shutterstock)
Minyak esensial (Shutterstock)

Selain itu, essential oil tidak perlu menggunakannya setiap hari. Cukup beberapa minggu sekali atau saat sedang dibutuhkan saja. 

Jangan oleskan langsung ke wajah atau kulit

Konsentrasi minyak esensial sangat tinggi sehingga bisa memicu masalah kulit seperti gatal, kemerahan, benjolan hingga sensasi terbakar. Kamu yang punya kulit sensitif atau punya penyakit kulit bawaan seperti eczema atau rosacea, harus hati-hati.

Harus dilarutkan dulu

Kamu mesti melarutkan minyak esensial terlebih dahulu, tentunya dengan carrier oil atau minyak dasar. Biasanya terbuat dari bahan yang lebih ringan dan tak berbau seperti kelapa, almond, jojoba, zaitun, dan rosehip.

Baca Juga: Jangan Kaget, Proses Penuaan Sudah Dimulai Sejak Usia 20-an

Perbandingan yang umum dan cukup aman untuk wajah adalah larutan 1% yaitu sekitar 10 ml minyak dasar untuk 3 tetes essential oil. Saat akan menggunakannya di bagian tubuh lain, kamu dapat mencoba larutan 2% yaitu 10 ml untuk 6 tetes. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS