alexametrics

Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan saat Bercak Gelap Muncul di Kulit

Arendya Nariswari | Amertiya Saraswati
Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan saat Bercak Gelap Muncul di Kulit
Ilustrasi Bercak Gelap di Kulit (Pexels/Chermiti)

Begini cara mengatasi pigmentasi atau bercak gelap di kulit.

Suara.com - Masalah pigmentasi atau bercak gelap di kulit merupakan sesuatu yang dialami banyak orang. Meski kerap diabaikan, pigmentasi dapat bertambah besar dan mengganggu penampilan.

Umumnya, bercak gelap ini muncul di kulit wajah. Namun, pigmentasi juga bisa timbul di area tubuh lainnya.

Pigmentasi menyebabkan warna kulit terlihat tidak merata. Bercak gelap ini bisa hilang dengan sendirinya, tapi proses tersebut memakan waktu cukup lama.

Melansir Boldsky, Kamis (22/10/2020), ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bercak hitam makin besar dan meratakan warna kulit. Apa saja?

Baca Juga: Disetujui Dokter Kulit, Begini Cara Memutihkan Kulit Wajah yang Aman

1. Rajin memakai tabir surya

Salah satu penyebab utama pigmentasi adalah paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat memicu produksi melanin dan menimbulkan bercak gelap di kulit.

Untuk itu, rajin-rajinlah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya di area yang terekspos sinar matahari.

2. Hindari iritasi pada kulit

Kulit sensitif dan mudah teriritasi dapat memicu munculnya bercak gelap di kulit. Bahkan, bercak gelap bisa muncul jika kamu sering menggaruk kulit.

Baca Juga: Bau Badan hingga Linglung, Simak 5 Tanda Tubuh Penuh Racun

Untuk itu, hindari membuat kulit makin teriritasi. Gunakan skincare untuk melindungi kulitmu, serta mencegah keinginan menggaruk kulit.

Komentar