alexametrics

Manfaat Pelihara Kumis dan Janggut, Salah Satunya Bikin Lelaki Makin Seksi

Vania Rossa
Manfaat Pelihara Kumis dan Janggut, Salah Satunya Bikin Lelaki Makin Seksi
Ilustrasi lelaki dengan kumis dan janggut. [shutterstock]

Selain mempengaruhi penampilan, kumis dan janggut pada lelaki rupanya memiliki manfaat lain, lho.

Suara.com - Bagi beberapa lelaki, kumis dan janggut adalah sesuatu yang mengganggu. Hal itu lantaran kumis dan janggut dianggap membuat penampilan jadi tidak bersih dan berantakan. Namun, tak sedikit juga yang berpendapat jika memelihara kumis dan janggut bikin lelaku terlihat lebih jantan dan seksi.

Pertumbuhan kumis dan janggut dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormon yang dimiliki lelaki. Itu sebabnya, tidak semua lelaki bisa menumbuhkan rambut di bagian wajah ini hingga lebat.

Dan tahukah Anda, selain mempengaruhi penampilan, kumis dan janggut pada lelaki rupanya memiliki manfaat lain, lho. Ini dia, seperti dilansir dari Gogetgroomed.

Manfaat Kumis
1. Menurunkan risiko kanker
Kumis melindungi bibir atas lelaki dari radiasi sinar ultraviolet matahari. Pancaran sinar matahari yang mengenai wajah secara berlebih dapat menyebabkan kanker. Dengan adanya kumis, sinar matahari tidak akan mengenai kulit secara langsung.

Baca Juga: Epic! Gaya Wali Kota Solo Pakai Masker Bergambar Kumis

2. Menumbuhkan kepercayaan diri
Menurut penelitian, lelaki dalam iklan yang memiliki kumis atau janggut mendapatkan kepercayaan diri yang lebih daripada mereka yang tidak memiliki kumis dan janggut. Hal itu karena kumis dapat membuat lelaki terlihat lebih tampan. Namun, pastikan kumis atau janggut yang tubuh bersih dan terawat dengan baik, ya.

3. Terlihat lebih seksi
Lelaki yang memiliki kumis akan terlihat lebih seksi dibandingkan dengan lelaki yang tidak memiliki kumis. Kumis bisa dinilai sebagai simbol kejantanan pada lelaki. Selain itu, kumis dapat menciptakan ilusi wajah sehingga membuat seseorang menjadi lebih menarik.

Manfaat Janggut
1. Melindungi kulit dari sinar matahari
Sama halnya dengan kumis, janggut juga dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, meskipun tingkat perlindungannya mungkin bergantung pada kepadatan dan ketebalan rambut. Meskipun cahaya matahari tetap bisa menembus janggut pada wajah, sinar yang masuk tidak langsung menyentuh kulit sehingga mengurangi risiko penyakit.

2. Menjaga tetap hangat
Berbeda dengan kumis yang berada di atas bibir. Janggut dapat tumbuh di sekeliling dagu dan leher. Jika rambut yang tumbuh cukup lebat, hal itu dapat membuat area tersebut tetap hangat terutama saat musim dingin.

3. Membuat lelaki terlihat menarik
Sebuah studi yang dilakukan oleh Official Journal of the Human Behavior and Evolution Society menemukan lelaki dengan janggut cukup lebat dianggap paling menarik. Selain itu, pria dengan janggut lebat dapat dianggap sebagai ayah yang lebih baik, yang dapat melindungi anak-anak mereka. (Fajar Ramadhan)

Baca Juga: Tampil Maskulin dengan Jenggot dan Kumis, Ini 5 Manfaatnya Bagi Lelaki

Komentar