facebook

Perlu Perhatian Ekstra, Ini Cara Membersihkan Rumah Saat Pandemi

Vania Rossa
Perlu Perhatian Ekstra, Ini Cara Membersihkan Rumah Saat Pandemi
Ilustrasi membersihkan rumah saat pandemi. (Unsplash)

Karena rumah juga bisa menjadi sumber infeksi Covid-19 bila tidak diperhatikan kebersihannya.

Suara.com - Tetap berada di rumah adalah pilihan yang relatif aman untuk mengurangi risiko tertular Covid-19 saat ini. Namun, dengan semakin banyaknya waktu yang dihabiskan di dalam rumah, kita juga perlu meningkatkan intensitas membersihkan rumah saat pandemi.

Tapi tentu saja membersihkan rumah pun juga harus punya protokol sendiri supaya orang yang membersihkan rumah tidak berisiko tertular Covid-19 saat sedang membersihkan rumah. Untuk itu, perlu ada strategi dan langkah-langkah yang perlu diikuti untuk menjaga kebersihan rumah, sambil mencegah penularan Covid-19 di dalam rumah. Simak cara-caranya dari Dekoruma di bawah ini.

1. Pakai Masker dan Sarung Tangan
Sebelum pandemi, Anda mungkin membersihkan rumah tanpa masker dan sarung tangan. Kali ini, Anda tetap perlu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan sarung tangan. Virus corona yang tidak kasat mata membuat kita tidak tahu apakah virus tersebut ada di benda-benda yang disentuh selama membersihkan rumah.

Pastikan untuk selalu menggunakan masker dan sarung tangan selama membersihkan rumah. Selain menurunkan risiko terpapar virus, masker dan sarung tangan bisa melindungi wajah dan kulit dari debu atau cipratan cairan desinfektan.

Baca Juga: Menarik, 7 Benda yang Ditemukan Saat Membersihkan Rumah di Masa Pandemi

2. Memilih Desinfektan yang Tepat dan Ampuh
Saat membeli desinfektan, pastikan untuk melihat bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Desinfektan dengan kandungan hidrogen peroksida, klorin, deterjen, atau iodophor mampu mematikan virus.

Selain itu, sesuaikan juga jenis desinfektan dengan benda yang akan dibersihkan. Cairan pembersih yang mengandung hidrogen peroksida dan klorin bisa digunakan untuk membersihkan benda berpermukaan keras seperti meja atau lantai. Namun, cairan pembersih tersebut tidak bisa digunakan untuk benda berbahan kain.

3. Rutin Membuang Sampah Setiap Hari
Sampah yang menumpuk bisa meningkatkan risiko muncul dan menyebarnya virus, kuman, serta bakteri lain yang mengancam kesehatan. Untuk itu, biasakan untuk membuang sampah dari dalam rumah secara rutin setiap hari. Misalnya, di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Untuk proteksi ekstra, Anda bisa menggunakan masker dan sarung tangan setiap mengangkat plastik atau tempat sampah saat dibuang keluar rumah. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah membuang sampah.

4. Jangan Lewatkan Apapun
Dalam situasi pandemi, ketelitian dalam membersihkan setiap sudut rumah diperlukan untuk memastikan rumah bebas virus. Hal ini berarti, Anda tidak boleh melewatkan apapun, sekecil apapun benda atau perabot yang ada di rumah.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Ini 7 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan

Bersihkan furnitur dan perabot yang sering dipakai setiap hari; saklar lampu, kulkas, remote TV, gagang pintu, meja, kursi, dan barang-barang yang sering dipegang penghuni rumah. Kamar mandi juga perlu dibersihkan secara rutin karena dipakai setiap hari.

5. Cuci Benda-benda Berbahan Kain Sesering Mungkin
Berdasarkan banyak penelitian, virus corona bisa mengendap di berbagai permukaan benda selama beberapa jam, bahkan beberapa hari. Begitu juga dengan benda-benda berbahan kain. Selain pakaian yang memang dicuci setiap hari setelah dipakai, Anda juga bisa mulai mencuci benda berbahan kain sesering mungkin.

Contohnya sarung pembungkus sofa, sarung bantal, seprei, taplak meja, dan kain lap untuk membersihkan perabot di rumah. Tentukan interval waktu untuk mengganti benda-benda berbahan kain di rumah.

Ternyata, meski tinggal di rumah dan tidak bertemu dengan orang lain, rumah juga bisa menjadi sumber infeksi Covid-19 bila tidak diperhatikan kebersihannya.

Selain langkah-langkah di atas, selalu rutin cuci tangan dan menjaga kebersihan diri saat akan masuk rumah setelah beraktivitas agar selalu diterapkan di rumah.

Artikel terkait:

Ampuh dan Mudah, Ketahui 7 Cara Mengusir Kecoa dari Rumah
WC Mampet? Intip 4 Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Penyedot
Manjur! 6 Cara Mengusir Tokek Paling Efektif

Published by

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar