alexametrics

Tak Hanya Asah Otak, Ini Manfaat Main Catur

Vania Rossa
Tak Hanya Asah Otak, Ini Manfaat Main Catur
Ilustrasi main catur. (Shutterstock)

Bahkan, bisa membantu mengatasi serangan panik, lho.

Suara.com - Catur ternyata bukan sekadar permainan asah otak, karena permaianan ini ternyata juga dijadikan cabang olahraga dan sudah dipertandingkan dalam berbagai kejuaraan olahraga internasional.

Penasaran, nggak, sih, apa manfaat main catur sebenarnya? Melansir dari healthline, ternyata ini, lho, manfaat yang akam kamu dapat dari main catur.

1. Membantu mengembangkan perspektif
Saat bermain catur, seseorang akan berusaha membuat strategi agar dirinya tidak termakan jebakan lawan. Ia akan memikirkan berbagai kemungkinan dari setiap gerakan yang ia lakukan. Ya, main catur akan mengembangkan perspektif seseorang terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

2. Meningkatkan daya ingat
Bermain catur akan melatih daya ingat seseorang. Hal ini karena setiap bidak memiliki gerakan yang berbeda. Selain itu, pemain catur akan mengingat strategi lawannya sehingga ia bisa menyusun hal yang harus dilakukannya. Dalam penelitian ditemukan bahwa pemain catur jauh lebih baik dalam mengingat daftar kata yang pernah mereka dengar daripada orang yang belum pernah bermain catur.

Baca Juga: Keseruan Bermain Catur Raksasa di Taman Danau Singkarak

3. Meningkatkan kecerdasan
Orang yang bermain catur akan lebih sering berpikir. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan dan kemampuan memori orang tersebut. Orang yang suka main catur biasanya otaknya lebih cepat memahami tugas yang diberikan.

4. Meningkatkan kreativitas
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa main catur dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir kreatif dan berbeda. Hal ini karena saat bermain catur, orang tersebut akan memikirkan berbagai cara untuk mengambil keputusan dalam setiap langkahnya.

5. Melatih kemampuan menyusun strategi
Seperti yang kita ketahui, pemain catur akan selalu memikirkan strategi. Dirinya akan membuat berbagai perencanaan dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap daya pikirnya dalam aktivitas lainnya. Ia dapat memprediksi berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada setiap langkah yang diambil.

Dalam sebuah percobaan ditemukan, kelompok yang rutin bermain catur menunjukkan keterampilan perencanaan yang jauh lebih baik daripada kelompok yang tidak bermain catur. Pemain catur juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk berpikir untuk membuat keputusan.

6. Mencegah demensia
Bermain catur dapat melindungi diri dari demensia. Dalam penelitian, permainan yang menggunakan ingatan, perhitungan, keterampilan, dan kemampuan berpikir kritis dapat membantu mengurangi penurunan kognitif dan menunda demensia.

Baca Juga: Meski Tanpa Bikin Keringatan, Begini 5 Manfaat Catur untuk Kesehatan

7. Mengobati gejala ADHD
Dalam sebuah studi pada 2016, anak dengan ADHD atau gangguan mental dapat dikurangi dengan bermain catur. Oleh karena itu, catur membantu mengurangi gejala terhadap seseorang yang mengalami ADHD.

Komentar