facebook

4 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Menggunakan Kondisioner Rambut

Risna Halidi | Dian Kusumo Hapsari
4 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Menggunakan Kondisioner Rambut
Ilustrasi kondisioner rambut. [Shutterstock]

Menggunakan kondisioner saat mencuci rambut kerap menjadi tahapan yang terlewatkan.

Suara.com - Menggunakan kondisioner saat mencuci rambut kerap menjadi tahapan yang terlewatkan. Tidak semua dari kita rajin menggunakan kondisioner, kan?

Alasannya bermacam-macam, mulai dari merasa tak penting atau malah tak biasa karena kerap terasa lengket, berat hingga berminyak. Kalau sudah begitu, apakah kamu juga kerap mengalami hal yang sama?

Nah, jika jawabannya ya, maka ada kemungkinan kamu melakukan kesalahan saat menggunakan kondisioner. Berikut ini adalah empat kesalahan umum saat menggunakan kondisioner!

1. Menggunakan sampai akar
Dilansir dari Times of India, mengaplikasikan kondisioner sampai akar rambut akan membuat kulit kepala makin berminyak.

Baca Juga: Shampoo dengan Kandungan Rice Oil Essences Atasi Rambut Rontok dan Lepek

Kulit kepala menghasilkan sebum alami untuk menutrisi akar dan jika diaplikasikan pada kulit kepala, akan membuat akar rambut berminyak. Karena itu, aplikasikan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut. Biarkan selama sekitar satu atau dua menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin untuk menutup kutikula.

2. Gunakan kondisioner terlalu banyak atau terlalu sedikit
Tidak menggunakan kondisioner akan membuat rambut lebih rapuh. Namun terlalu banyak menggunakan kondisioner juga dapat menyebabkan penumpukan produk dan membuat rambut berminyak. Seberapa banyak produk yang diterapkan sebenarnya tergantung pada panjang dan ketebalan rambut.

3. Tidak menggunakan kondisioner yang tepat untuk jenis rambut
Kamu perlu menggunakan kondisioner yang pas. Jika memiliki rambut tipis, utamakan menggunakan kondisioner ringan. Jika ingin melakukan deep conditioning pada rambut tipis, hanya akan memberatkan rambut. Jadi cari kondisioner berkualitas yang sesuai dengan jenis rambutmu.

4. Jangan pakai kondisioner terlalu lama
Kondisioner hanya memerlukan beberapa menit untuk bisa bekerja. Jika hanya mengoleskannya dan membilasnya seperti sampo, kondisiner dijamin tidak akan bekerja sama sekali. Kamu perlu mengoleskan kondisioner dalam beberapa bagian dan biarkan selama setidaknya 4-5 menit.

Hal ini akan membuat rambutmu terhidrasi dan berkilau. Selama deep conditioning, kamu perlu menggunakan masker rambut atau kondisioner yang bisa kamu aplikasikan dan biarkan selama 15-30 menit sebelum kamu membilas semuanya.

Baca Juga: Diameternya Hampir 1,5 Meter, Ini Potret Perempuan Pemilik Rambut Terbesar

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar