alexametrics

Influencer Diminta Ikut Kampanyekan Kesetaraan Gender: Yuk, Berisik Bareng!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Nur Khotimah
Influencer Diminta Ikut Kampanyekan Kesetaraan Gender: Yuk, Berisik Bareng!
Ilustrasi influencer (Dok. Elements Envato)

Executive Director IBCWE berharap influencer lebih berisik lagi membahas isu ini.

Suara.com - Diskusi panel Women Lead Forum 2021 yang digelar oleh media daring Magdalene bersama IBCWE (Indonesia Business Coalition for Women Empowermoment) kembali dilanjutkan pada Kamis (8/4/2021).

Dalam diskusi panel keempat, tema yang diangkat adalah "Mendukung Kepemimpinan Perempuan: Kebijakan dan Perubahan Norma". Maya Juwita selaku Executive Director IBCWE kembali hadir sebagai pembicara.

Salah satu topik yang disinggung dalam diskusi ini adalah penghapusan pemahaman usang tentang perempuan yang dianggap menjadi salah satu penyebab munculnya ketidak setaraan gender di masyarakat.

Perihal ini, Maya Juwita menyebutkan langkah yang harus dilakukan adalah dengan lead by example, di mana semuanya dimulai dari keluarga untuk memberikan contoh penerapan kesetaraan gender.

Baca Juga: Atta Halilintar Rilis Video Malam Pertama, Guru NU Geram: Bad Influencer!

Ia juga menyinggung pentingnya peran influencer. Pasalnya, influencer diketahui memiliki pengaruh yang besar sehingga akan cenderung banyak diikuti ketika memberikan contoh akan sesuatu hal.

Maya Juwita selaku Executive Director IBCWE sebagai pembicara. (YouTube/Magdalene ID)
Maya Juwita selaku Executive Director IBCWE sebagai pembicara. (YouTube/Magdalene ID)

"Kalau kita mau mendorong itu kayak apa, sih? Ya, lead by example. Saya pikir, kan, kita punya banyak influencer, ya, sekarang yang masih muda-muda. C'mon, yang pada influencer ini kasih dong contoh-contoh yang baik," kata Maya Juwita dalam diskusi Women Lead Forum 2021, Kamis sore.

Maya berharap ke depannya para influencer lebih aktif dalam menyuarakan beragam kampanye positif, termasuk kesetaraan gender, di platform mereka. Ia meminta mereka untuk memanfaatkan pengaruh mereka dalam hal yang lebih bermanfaat.

"Membawa perspektif bagaimana membongkar norma yang sudah usang ini akan berpengaruh terhadap cluster terkecil mereka, dalam hal ini keluarga. Itu satu hal yang menurut saya cukup efektif untuk dilakukan," tegas Maya Juwita.

Maya Juwita bahas soal pentingnya peran influencer dalam kesetaraan gender. (YouTube/Magdalene ID)
Maya Juwita bahas soal pentingnya peran influencer dalam kesetaraan gender. (YouTube/Magdalene ID)

"Kalau mau mendorong, kita berisik sama-sama gitu, lho, biar didengar. Itu, kan, para influencer-influencer itu awalnya berisik-berisik nggak jelas gitu akhirnya diikuti oleh banyak orang. Tapi kita berisiknya untuk sesuatu yang jelas," pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Sukses Influencer Sharavasti, Berawal dari Masalah Kulitnya Sendiri

Komentar