alexametrics

Cara Membuat Kue Kering Lebaran Anti Gagal, Simak 7 Langkahnya

Rifan Aditya
Cara Membuat Kue Kering Lebaran Anti Gagal, Simak 7 Langkahnya
Cara membuat kue kering lebaran - Ilustrasi kue kering. (Freepik.com)

Berikut adalah rekomendasi cara membuat kue kering lebaran untuk kamu yang berniat membuat kue kering sendiri di rumah.

Suara.com - Kue kering lebaran apa saja yang sudah kamu persiapkan saat lebaran? Apa kamu juga berencana untuk membuat sendiri atau memilih untuk belanja kue kering? Jika masak sendiri, simak cara membuat kue kering lebaran anti gagal berikut ini.

Membeli kue lebaran akan menjadi suatu kesenangan tersendiri, sedangkan membuat kue kering sendiri di rumah juga akan menghadirkan kebahagiaan tersendiri. Bagaimanapun kamu bebas menentukan. Nah, ini adalah rekomendasi cara membuat kue kering lebaran untuk kamu yang berniat membuat kue kering sendiri di rumah.

Cara Membuat Kue Kering Lebaran Anti Gagal

Ada loh trik untuk membuat kue kering lebaran tidak gagal. Berikut adalah cara membuat kue kering lebaran anti gagal yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Baca Juga: Resep Kue Lebaran Tanpa Oven

  1. Pastikan penimbangan bahan-bahan kue kering untuk jadi adonan seimbang. Misalnya, perhatikan komposisi gula dan tepung, bila terlalu banyak gula, adonan bisa lekas gosong. Sedangkan bila terlalu banyak tepung, adonan bisa jadi kue kering keras nantinya.
  2. Pastikan tidak terlalu banyak memasukkan telur pada kue kering yang memerlukan bahan telur. Terlalu banyak telur akan membuat adonan jadi sulit dipertahankan bentuknya.
  3. Gunakan tepung terigu yang tepat. Disarankan untuk memilih tepung terigu berprotein rendah yang akan membuat kue menjadi renyah dan terhindar dari kemungkinan rasa yang keras atau kering. Sebab, semakin rendah kandungan protein dalam tepung, kue akan semakin renyah tanpa jadi keras.
  4. Upayakan agar pengadukan sesuai dengan kebutuhan, proses pengadukan yang tidak sempurna juga bisa membuat kue kering gagal. Pastikan gula dan mentega diaduk rata, benar-benar larut dalam adonan dan jangan sampai ada gumpalan di dalam adonan.
  5. Hindarkan dari kemungkinan overmixing. Pastikan untuk membuat adonan kue kering tercampur saja, jangan terlalu lama mengocok hingga mengembang. Kalau overmixing ketika memasukkan tepung, itu bisa membuat kue kering jadi lebih keras.
  6. Pada saat memanggang, pastikan suhu sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat kue kering, suhu yang dibutuhkan sekitar 150-160 derajat saja. Jangan sampai terlalu rendah atau terlalu tinggi ketika kue dimasukkan karena ini bisa membuat kematangan kue tidak merata.
  7. Langkah penting lainnya ialah memastikan oven sudah kamu panaskan lebih dulu sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven. Sebab bila tidak dipanaskan lebih dulu, tingkat kematangannya cenderung tidak merata bahkan bisa bantet atau tidak mengembang.

Demikian tujuh hal dari cara membuat kue kering lebaran anti gagal yang harus benar-benar diperhatikan dulu sebelum memanggang adonan kue kering ke dalam oven. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar