alexametrics

Ingin Ikut Tren Work From Bali? Perhatikan Dulu 4 Hal Berikut

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Ingin Ikut Tren Work From Bali? Perhatikan Dulu 4 Hal Berikut
Ilustrasi: Work from Bali. (Biznet)

Work From Bali (WFB) atau bekerja dari Bali tengah menjadi tren bekerja di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Suara.com - Work From Bali (WFB) atau bekerja dari Bali tengah menjadi tren bekerja di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Selain untuk menggairahkan kembali industri pariwisata, WFB juga diklaim lebih aman karena sebesar 44,18 persen pekerja di Bali sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Nah agar WFB semakin berkesan, perhatikan dulu 4 hal berikut sebelum mengikuti program yang secara resmi dimulai Juli 2021 mendatang, berdasarkan siaran pers yang dibagikan Jumat (18/6/2021).

1. Rencanakan keuangan dengan detail
Selaiknya pergi berlibur, WFB juga butuh perencanaan keuangan yang matang, khususnya jika berencana tinggal di Bali lebih dari seminggu. Beberapa biaya butuh budget besar seperti penerbangan dan penginapan, tapi juga makan, transportasi, hiburan dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Wisata Bali: Work From Sanur Siap Dukung Pemulihan Akibat Pandemi

Sehingga jangan lupa sisihkan budget untuk tes Covid-19, seperti PCR atau Swab Antigen untuk memantau kesehatan dan memastikan tidak terpapar Covid-19 saat pergi dan pulang.

2. Cari tahu daerah Bali mana yang aman untuk dikunjungi
Bali sangat kaya akan tempat wisata yang indah yang wajib untuk dikunjungi sambil WFB. Wajib tahu juga destinasi wisata Bali mana yang tergolong aman dan mana yang tidak demi keselamatan bersama. Jangan sampai WFB ini malah membawa petaka.

Pastikan destinasi wisata yang dipilih bebas dari zona merah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bisa juga mencari tahu tempat aman dengan melihat sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability).

Sejauh ini, Nusa Dua terpilih sebagai lokasi program WFB karena mempunyai sistem single management, yang artinya daerah tersebut lebih terkendali dan terawasi.

3. Pilih akomodasi sesuai kebutuhan dan budget
Karena tujuan utama dari WFB adalah bekerja. Maka dari itu, tentu saja fasilitas yang bisa mendukung bekerja penuh selama di sana dan sesuai budget menjadi hal terpenting untuk dipertimbangkan. Pilih akomodasi yang mempunyai kamar atau tempat bekerja yang nyaman dan tentunya dilengkapi dengan fasilitas Wifi yang kencang.

Baca Juga: Wisata Bali: Selain Work From Bali, Akan Digarap Work From Lombok

4. Buat jadwal kerja agar tetap profesional
Poin ini ingin mengingatkan kembali bahwa WFB tetap mengutamakan pekerjaan. Hanya saja berbeda tempat dari yang sebelumnya hanya di rumah saja.

Komentar