alexametrics

Patung Putri Diana Resmi Diluncurkan, Ini Kisah Menyentuh di Balik Outfitnya

Cesar Uji Tawakal | Amertiya Saraswati
Patung Putri Diana Resmi Diluncurkan, Ini Kisah Menyentuh di Balik Outfitnya
Putri Diana [BBC]

Patung tersebut diluncurkan saat ulang tahun ke-60 Putri Diana.

Suara.com - Patung Putri Diana yang dipesan oleh Pangeran William dan Pangeran Harry resmi ditampilkan ke publik pada Kamis (1/6/2021) kemarin. Patung tersebut diluncurkan bersamaan dengan ulang tahun ke-60 Putri Diana.

Melansir Mirror, patung tersebut diletakkan di area Kensington Palace yang dulunya menjadi rumah Putri Diana. Detail patung tersebut juga berhasil mencuri perhatian publik.

Pada patung tersebut, Putri Diana terlihat memakai rok berpinggang tinggi dan aksesoris sabuk berukuran besar. Sementara, patung tiga orang anak terlihat mengelilingi Putri Diana.

Pilihan outfit tersebut ternyata bukan tanpa alasan. Sebaliknya, ada makna mendalam di balik gaya busana Putri Diana dan patung ketiga anak-anak yang menyertai.

Baca Juga: Pangeran Charles Buka Laporan Keuangan, Pangeran Harry Tertampar

"Gaya gaun (Putri Diana) dipilih berdasarkan periode final dalam hidupnya, saat Putri Diana memperoleh kepercayaan diri dalam perannya sebagai duta besar untuk kemanusiaan dan bertujuan menyampaikan karakter dan kepeduliannya," jelas Kensington Palace.

Patung Putri Diana (instagram.com/historicroyalpalaces)
Patung Putri Diana (instagram.com/historicroyalpalaces)

Sementara, kehadiran tiga anak di sekitar Putri Diana juga punya makna tersendiri.

"Sosok Diana, Putri Wales, dikelilingi oleh tiga orang anak yang melambangkan hasil kerja Putri Diana yang universal dan memengaruhi generasi selanjutnya," tambah Kensington Palace.

Patung Putri Diana tersebut dibuat oleh seniman Ian Rank-Broadley atas pesanan Pangeran William dan Pangeran Harry.

"Diana, Putri Wales adalah ikon yang menyentuh hidup banyak orang di seluruh dunia, jadi ini merupakan kehormatan untuk bekerja dengan Pangeran William dan Pangeran Harry dalam membuat patung ini, yang merayakan hidupnya," ungkap seniman patung tersebut.

Baca Juga: Gaya Kasual Kate Middleton Kunjungi Museum, Pakai Sneakers Ramah Lingkungan

"Kami ingin menggambarkan kehangatan dan kemanusiaannya sembari menunjukkan pengaruhnya terhadap generasi sekarang."

"Aku harap orang-orang akan menikmati mengunjungi patung ini dan Sunken Garden, sambil mengingat sang Putri," tambah Ian Rank-Broadley.

Patung Putri Diana (instagram.com/historicroyalpalaces)
Patung Putri Diana (instagram.com/historicroyalpalaces)

Patung Putri Diana sendiri diluncurkan dalam upacara singkat oleh kedua anaknya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Acara peluncuran tersebut dihadiri sejumlah tamu, termasuk saudara Putri Diana dan anggota komite yang menggalang dana pembuatan patung.

Setelah patung tersebut diluncurkan, Pangeran William dan Pangeran Harry juga merilis pernyataan untuk merayakan ulang tahun ibu mereka.

"Hari ini, yang seharusnya menjadi ulang tahun ke-60 ibu kami, kami mengingat rasa cinta, kekuatan, dan karakternya, yang membuatnya menyebarkan kebaikan ke seluruh dunia, mengubah banyak hidup menjadi lebih baik," tulis pernyataan tersebut.

"Setiap hari, kami berharap dia masih di sini bersama kami, dan kami berharap patung ini akan selamanya dilihat sebagai simbol kehidupannya dan warisannya."

Patung Putri Diana tersebut diletakkan di Sunken Garden, Kensington Palace. Dulu, taman tersebut merupakan salah satu tempat favorit Putri Diana.

Tidak hanya itu, taman tersebut memiliki lebih dari 4.000 jenis bunga termasuk bunga favorit Putri Diana semasa hidup.