alexametrics

Ketahui 5 Amal Saleh dengan Pahala Paling Besar Bagi Umat Muslim

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Ketahui 5 Amal Saleh dengan Pahala Paling Besar Bagi Umat Muslim
Ilustrasi berdoa dan beramal saleh demi mendapat pahala (Elements Envato)

Setiap kebaikan yang dilakukan oleh umat Muslim, akan dibalas dengan pahala yang kelak berguna di akhirat.

Suara.com - Setiap kebaikan yang dilakukan oleh umat Muslim, akan dibalas dengan pahala yang kelak berguna di akhirat.

Jika dilakukan dengan keikhlasan dan istiqomah, Allah SWT akan menentukan seberapa besar pahala yang dinilai dari keikhlasannya saat berbuat kebaikan.

Bicara soal pahala, ada lima jenis pahala dengan imbalan terbesar seperti yang telah Suara.com kutip dari Dalam Islam berikut ini.

1. Mendoakan orang lain dengan tulus tanpa diketahui
Allah SWT akan memberikan pahala dari setiap kebaikan termasuk mendoakan orang lain secara tulus tanpa diketahui. Hal ini diungkap oleh HR. Al-Thabbrani, bahwa:

Baca Juga: Doa Salat Dhuha dan Lengkap dengan Maknanya

“Barang siapa yang mendoakan mu’min laki-laki atu pun perempuan niscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mu’min laki-laki dan perempuan yang didoakannya.”

2. Bersabar
Disebutkan, bersabar akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, sebagaimana yang diungkap oleh HR. Tirmidzi dan Albani:

“(Tiada tuhan selain Allah semata, tidak ada sektu bagin-Nya.Dialah yang memilii kerajaan dan pujian,yang menghidupkan dan mematikan dan dialah maha hidup dan tidak akan pernah mati, ditangan-Nya segala kebaikan dan dia maha kuasa atas segala sesuatu),niscaya Allah akan memberikan kepadanya seribu-seribu (sejuta) kebaikan dan menghapus seribu-seribu (sejuta)keburukan serta diangkat kedudukannya seribu-seribu (sejuta) derajat. Dalam riwayat lain dikatakan :Niscaya Allah akan membangunkan rumah di dalam surga.”

3. Menjenguk orang sakit
Umat Muslim yang menjenguk orang sakit akan didoakan oleh 70.000 malaikat, hal ini disebutkan lewat hadis HR. Tirmidzi, bahwa:

“Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari.Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia di doakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya.Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap di petik di dalam surga.”

Baca Juga: Tiga Kunci Bagi Umat Muslim untuk Hadapi Kerasnya Pandemi Covid-19

4. Menghafal Alquran
Menghafal Alquran disebutkan akan mendapatkan pahala saat membaca satu hurufnya. Ini disebutkan sebagaimana lewat hadis HR. Tirmidzi, bahwa:

Komentar