alexametrics

Mampukah Tanaman Hias Menyaring Racun di Udara? Ini Jawabannya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Mampukah Tanaman Hias Menyaring Racun di Udara? Ini Jawabannya
Tanaman hias (Min An/Pexels).

Mitos atau fakta? Tanaman hias kerap disebut punya kemampuan menyaring racun di udara.

Suara.com - Tak hanya memiliki keindahan untuk dipandangi, tanaman hias juga bisa menaungi dan memberikan udara segar. Sebagian orang bahkan percaya bahwa beberapa tanaman hias menyaring racun di udara. Lalu, bagaimana penjelasan mengenai hal ini?

Mari kita simak penjelasan tentang kemampuan tanaman hias dalam menyaring racun di udara, disadur dari Lifehacker, Jumat (30/7/2021).

Alasan Tanaman Hias Tidak Efektif Menyaring Udara di dalam Rumah

Di alam terbuka, fungsi tanaman memang untuk menjaga ekosistem tetap sehat dan berkesinambungan, yakni dengan mengoksidasi udara dengan cara menyerap karbon hingga menyerap beberapa polutan.

Baca Juga: 3 Penyebab Daun Aglonema Mengerdil dan Cara Mengatasinya

Tanaman Hias. (Unsplash @vadimkaipov)
Tanaman Hias. (Unsplash @vadimkaipov)

Dikutip dari situs Science Alert, agar tanaman bekerja efektif menyaring racun di udara, setidaknya yang diperlukan adalah menyediakan 10-1000 tanaman untuk satu meter persegi di ruang hidup. Berbeda tentunya jika Anda tinggal di dalam rumah kaca, hal ini tidak realistis.

Gagasan soal kemampuan tanaman mampu menyaring dan memurnikan udara di ruang tertutup mencuat pada tahun 1980-an. Kala itu, Bill Wolverton, seorang ilmuwan NASA, meneliti tentang kemampuan tanaman tertentu yang diletakkan di rumah melenyapkan senyawa organik yang mudah menguap di udara dalam ruang tertutup.

Selanjutnya, temuan tersebut didesain dengan cara mengamati astronot yang menetap di ruang tertutup dalam jangka waktu lama. Namun, hingga kini riset tersebut seringkali disalahgunakan sebagai pembenaran Anda harus menempatkan lebih banyak tanaman di sekitar rumah.

Profesor teknik Michael Waring kepada The Atlantic berujar bahwa hasil penemuan tahun 1989 tersebut tak berlaku untuk rumah tangga pada umumnya.

"Wolverton mengukur apakah tanaman hias mampu menghilangkan VOC (senyawa organik yang mudah menguap) dari lingkungan laboratorium yang kedap udara. Namun, rumah bukanlah sebuah ruang kedap udara karena terdapat jendela dan pintu terbuka, angin, celah udara, dan banyak lagi kekacauan," kata dia.

Baca Juga: 6 Tanaman Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak, Koleksi Sekarang yuk!

Apabila Anda seorang astronot yang tengah terjebak dalam ruang kedap udara selama berjam-jam, ada baiknya membawa satu atau dua tanaman untuk udara segar. Namun jika Anda menginginkan udara segar di rumah, bukalah jendela.

Komentar