alexametrics

3 Penyebab Daun Aglonema Mengerdil dan Cara Mengatasinya

Rima Sekarani Imamun Nissa
3 Penyebab Daun Aglonema Mengerdil dan Cara Mengatasinya
Tanaman hias Aglonema di Pekalongan Lampung Timur [Antara/Hisar Sitanggang]

Apa saja yang bisa jadi penyebab daun aglonema mengerdil? Simak penjelasan berikut ini.

Suara.com - Dari sekian banyak jenis tanaman aglonema, ada satu masalah yang umum ditemui pada tanaman ini, yakni daun yang mengecil atau dikenal dengan istilah kerdil. Hal tersebut tentunya mengurangi sisi estetika pada tanaman hias yang memang dipelihara untuk memperindah sebuah tempat ini.

Pada kesempatan ini, akan diulas tentang penyebab tanaman aglonema mengerdil dan cara mengatasinya. Mari simak!

Penyebab Daun Aglonema Mengerdil

Sebelum membahas tentang cara mengatasi daun aglonema mengerdil, kini terlebih dahulu kita bahas penyebabnya. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan daun aglonema Anda mengerdil dan cara mengatasinya.

Baca Juga: 6 Tanaman Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak, Koleksi Sekarang yuk!

Aglonema silver queen, jenis aglonema tanaman hias populer (envato)
Aglonema silver queen, jenis aglonema tanaman hias populer (envato)

1. Kerusakan Akar akibat Jamur

Faktor pertama yang menjadi penyebab daun aglonema Anda mengerdil adalah terjadinya kerusakan pada bagian akar tanaman. Hal ini dapat terjadi akibat adanya jamur yang hidup pada bagian akar aglonema.

Dampaknya, terjadi pembagian nutrisi yang tidak merata pada tanaman. Artinya, bagian daun tidak mendapatkan suplai nutrisi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan pembongkaran pada tanaman aglonema yang Anda miliki, dimulai dari pot kemudian dilanjutkan pada bagian media tanam.

Kerusakan yang ada pada akar aglonema tentunya akan membuat bagian tersebut busuk. Oleh karena itu, Anda dapat memotong akar tersebut, dilanjutkan dengan memberikan media tanam baru ke dalam pot.

Baca Juga: 4 Manfaat Nasi Basi untuk Aglonema, Agar Sehat dan Segar!

Perlu anda ketahui bahwa bagian akar pada sebuah tanaman memegang peranan yang cukup penting, yakni untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan daun. Selain jamur, usia akar yang belum dewasa juga dapat menjadi faktor penyebab daun aglonema mengerdil.

Komentar