alexametrics

Kapan Waktu yang Tepat Konsumsi Suplemen Energi? Ini Jawabannya!

Risna Halidi
Kapan Waktu yang Tepat Konsumsi Suplemen Energi? Ini Jawabannya!
Ilustrasi Minum Air Putih Setelah Olahraga. (Shutterstock)

kapan memilih minuman suplemen energi daripada air putih?

Suara.com - Saat melakukan aktivitas olahraga intens, tubuh akan membutuhkan minum agar tubuh tetap terhidrasi.

Dikatakan Director Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition Dana Ryan, saat melakukan olahraga, tubuh akan membutuhkan lebih banyak asupan cairan. Pertanyaanya, kapan memilih minuman suplemen energi daripada air putih?

Dikutip Suara.com dari siaran pers Herbalife, air adalah bahan bakar yang lebih disarankan untuk hidrasi saat sedang beristirahat atau berolahraga ringan. Biasanya, latihan di bawah 60 menit tidak memerlukan minuman suplemen energi.

Di sisi lain, jika seseorang memiliki hari yang sangat aktif atau berolahraga selama lebih dari 60 menit, tubuh akan membutuhkan elektrolit dari minuman suplemen energi untuk mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat.

Baca Juga: Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung : Pemilu 2024 Butuh Energi Besar

Keringat terdiri dari air, tetapi juga mengandung sejumlah besar elektrolit, natrium, dan klorida.

Maka semakin intens berolahraga, semakin banyak berkeringat. Dan semakin banyak berkeringat, semakin membutuhkan hidrasi yang tepat melalui minuman suplemen energi berkualitas tinggi.

Demikian pula, otak dan otot yang bergantung pada glukosa (gula) untuk energi setelah olahraga yang berkepanjangan, dan dehidrasi dapat berdampak negatif pada kinerja hingga menyebabkan kelelahan dini.

Makanan sehat sebelum dan sesudah berolahraga merupakan cara yang bagus untuk mengisi bahan bakar dan mengisi kembali energi, tetapi makan saat berolahraga tidak sarankan.

Minuman suplemen energi adalah cara paling pas untuk menghidrasi dan mengonsumsi nutrisi penting selama melakukan olahraga yang intensif.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, INi Pentingnya Minum Air Putih Cukup Bagi Ibu Hamil

Minuman karbohidrat-elektrolit, diklaim sapat meningkatkan kinerja atletik dengan meningkatkan gula darah dan mempertahankan tingkat oksidasi karbohidrat yang tinggi, yang pada akhirnya mencegah kelelahan dan kekurangan tenaga yang dirasakan.

Komentar