Dokter Reni Effendi Ungkap 3 Kondisi Kulit Kepala yang Diperbolehkan Keramas Tiap Hari

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Dokter Reni Effendi Ungkap 3 Kondisi Kulit Kepala yang Diperbolehkan Keramas Tiap Hari
Ilustrasi keramas

Menurut dokter Reni, sebenarnya boleh-boleh saja keramas setiap hari dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Suara.com - Kulit kepala memproduksi minyak dan sebum setiap harinya, yang dapat menjaga kulit kepala serta rambut tetap lembap dan sehat.

Meski memiliki manfaat yang baik, ternyata kelebihan produksi minyak dan sebum juga dapat memengaruhi kondisi kulit kepala dan rambut lho.

Hal ini menurut dokter kecantikan sekaligus istri dari dokter Richard Lee, yaitu dokter Reni Effendi, bisa membuat rambut cepat rontok, berketombe dan kehilangan kilaunya.

Untuk itulah, keramas atau mencuci rambut sangat diperlukan, sehingga kita bisa menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan baik. Namun, bolehkah keramas setiap hari?

Baca Juga: Amanda Manopo Keluar dari Ikatan Cinta, Model Rambut Baru Jadi Sorotan Diduga Perankan Karakter Baru dengan Arya Saloka?

Ilustrasi keramas (Pixabay/jackmac34)ff
Ilustrasi keramas (Pixabay/jackmac34)ff

Menurut dokter Reni, sebenarnya boleh-boleh saja keramas setiap hari dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Nah, yuk ketahui dulu kondisi rambut yang diperbolehkan keramas setiap hari, berdasarkan keterangan dari dokter Reni berikut ini, yang Suara.com kutip dari akun TikToknya.

1. Ketahui lebih dulu jenis kulit kepala kita
Kamu harus mengetahui lebih dulu jenis kulit kepalamu, apakah normal berminyak, atau kering. Jika kulit kepalamu termasuk yang berminyak, kamu diperbolehkan untuk mencuci rambut setiap hari atau lebih sering.

Untuk diketahui, kulit kepala normal, berminyak, atau kering lebih ditentukan oleh faktor genetik dan faktor hormonal.

2. Produksi keringat
Jika kamu sering berkeringat karena sejumlah aktivitas, seperti olahraga atau melakukan kegiatan luar ruangan, kamu boleh melakukan keramas setiap hari.

Baca Juga: Maudy Ayunda Pamer Gaya Rambut Fluffy, Publik Malah Salfok dengan Upil

"Ataupun kita yang tinggal di negara tropis dan membuat kulit kepala kita mudah berkeringat, justru kita tuh harus mencuci rambut lebih sering," ungkapnya.