alexametrics

Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Agar Anak Muda Bisa Cepat Merdeka Secara Financial

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Agar Anak Muda Bisa Cepat Merdeka Secara Financial
Perencanaan finansial, nikah dulu atau mapan dulu? (Shutterstock)

Menurut Meta, untuk membuat rencana keuangan yang adaptif atau dalam menghadapi situasi tak menentu, maka perlu melakukan evaluasi minimal satu kali setiap tahun.

Suara.com - Kemerdekaan finansial atau financial freedom adalah impian banyak orang khususnya anak muda, karena tidak perlu hidup tanpa berhutang saat ingin membeli sesuatu.

Namun untuk mencapai kebebasan finansial, Allianz Indonesia, Meta Lakhsmi Permata Dewi, Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia mengatakan pentingnya melakukan perencanaan keuangan yang matang.

"Di sini kita harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kebutuhan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu. Sehingga kita bisa memperkuat pondasi kokoh untuk perencanaan keuangan di masa depan," ujar Meta dalam siaran pers Allianz kepada suara.com, Rabu (25/8/2021).

Menabung agar tidak menyesal di hari tua.
Menabung agar tidak menyesal di hari tua.

Menurut Meta, untuk membuat rencana keuangan yang adaptif atau dalam menghadapi situasi tak menentu, maka perlu melakukan evaluasi minimal satu kali setiap tahun.

Baca Juga: Angkat Topi! Anak Muda Magelang Berbagi Nasi untuk Pasien Isoman

Perlu diingat, siklus perencanaan keuangan terdiri dari penentuan tujuan perencanaan, mengevaluasi kondisi terkini, termasuk apa saja kebutuhan dan situasi yang dihadapi, membuat perencanaan keuangan, mengimplementasikan perencanaan keuangan dan mengevaluasi perencanaan sesuai dengan jangka waktu tertentu.

Selain itu, untuk mencapai financial freedom, perlu melakukan tahapan piramida, dimana tahapan paling penting dari bawah adalah perlunya memenuhi kebutuhan dasar, perlindungan atau proteksi dan memiliki dana darurat.

Selanjutnya, baru dapat naik ke tahap berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, pensiunan dan warisan. Apabila kedua tahap telah terpenuhi maka seseorang dapat melakukan investasi.

Urutan untuk mencapai financial freedom, di antaranya sebagai berikut:

  • Financial stability , minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar.
  • Terbebas dari hutang, dan memiliki dana darurat yang jumlahnya sekitar 3 hingga bulan penghasilan.

Financial freedom berbeda dengan financial independen. Ini karena financkal independency, umumnya dimelihat dana yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan lain, seperti dana pensiun dan dana untuk warisan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Keuangan Hari Ini: Gemini Kerepotan, Virgo Dapat Kejutan

Sedangkan, financi freedom adalah tahap dimana ketika seseorang mengingin sesuatu dan sudah tidak perlu memikirkan darimana mendapatkan uangnya, sehingga dapat memiliki keinginan tersebut tanpa harus berhutang.

Komentar