alexametrics

Kenali 6 Jenis Jam Tangan dan Karakter Para Pemakainya

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Kenali 6 Jenis Jam Tangan dan Karakter Para Pemakainya
Ilustrasi jam tangan. (Radatime)

Jam tangan seperti apa yang kamu pakai? Yuk, sesuaikan dengan kepribadian!

Suara.com - Jam tangan memiliki pesan emosional yang lebih tinggi daripada fungsi semata. Terlebih, aksesori satu ini juga mempunyai kaitan erat dengan kepribadian sang pemakai.

Karenanya, penting untuk mengenal karakter jam tangan. Ini bisa membantumu lebih optimal dalam memilih jam tangan yang tepat.

Nah, berikut adalah beberapa jenis jam tangan yang bisa kamu sesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhanmu, seperti yang dikutip dari siaran pers dari Radatime.

1. Jam Tangan Baterai
Kelebihan utama jam tangan baterai adalah kepraktisan. Waktu yang akurat dan terus hidup hingga baterai habis. Perawatan juga mudah dan lebih terjangkau harganya. Untuk menandakan jam tangan baterai, bisa diidentifikasi dari mengamati loncatan jarum detik yaitu 1 loncatan untuk setiap detik. Beberapa tipe jam tangan baterai saat ini juga memiliki teknologi “sweep”, yaitu jarum detik yang terus berjalan seperti jam tangan otomatis atau mekanis.

Baca Juga: Jualan Jam Tangan Aneh dari Kertas tapi Laris Manis, Warganet: Yang Beli Bermasalah

2. Analog vs Digital
Secara garis besar, jam tangan terbagi atas 3 tampilan, yaitu analog, digital, dan analog-digital. Dari sisi karakter, penyuka jam tangan digital umumnya adalah orang yang mementingkan informasi yang detil, akurat serta memiliki cara berpikir yang praktis.

Penyuka jam tangan analog-digital adalah orang yang cenderung membutuhkan segala sesuatunya lengkap dan mudah merasa tidak nyaman jika ada hal yang penting bagi dirinya tidak utuh atau bolong-bolong.

Kemudian, karakter penyuka jam tangan analog memiliki makna cukup luas yang akan dibahas selanjutnya.

3. Chronograph vs Multifunction
Suka mengembangkan ide, kreatif, out of the box, imajinatif, sportif adalah karakter yang melekat pada jam tangan dengan fitur chronograph atau multifunction.

Berdasarkan survey internal, mayoritas pemakai jam tangan chronograph bahkan tidak mengetahui cara memakai fungsi stopwatch. Oleh sebab itu, bisa diasumsikan bahwa jam tangan adalah sebuah produk yang berkaitan erat dengan psikologis sang pemakai dibandingkan dengan fungsinya.

Baca Juga: Gemerlap! Gaya Cardi B Pakai Perhiasan Berlian Senilai Rp36 Miliar Curi Atensi

Jam tangan chronograph dan multifunction terlihat hampir sama, tetapi memiliki perbedaan yang dominan. Persamaannya adalah keduanya memiliki tambahan jarum jam kecil.

Komentar