alexametrics

Nggak Cuma Bakpia! 10 Oleh-Oleh Khas Jogja, Harga Murah Rasa Enak

Rima Sekarani Imamun Nissa
Nggak Cuma Bakpia! 10 Oleh-Oleh Khas Jogja, Harga Murah Rasa Enak
Papan Nama Jalan Malioboro (unsplash/@agto)

Berikut beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa jadi pilihan.

Suara.com - Yogyakarta memang menjadi salah satu kota wisata paling diminati di Indonesia. Selain lokasi wisatanya yang beragam, terdapat beragam oleh-oleh khas Jogja yang sayang dilewatkan.

Selain rasanya yang enak, oleh-oleh khas Jogja juga pastinya menawarkan harga yang terjangkau. Diolah dari berbagai sumber, berikut kami ulas 10 oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibawa pulang.

1. Bakpia pathok

Jogja dan bakpia bagaikan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Meski banyak oleh-oleh baru bermunculan di Yogyakarta, cita rasa bakpia memang tak bisa tergantikan.

Baca Juga: 5 Wisata Baru di Gunungkidul 2021, Suguhkan View Menyegarkan untuk Liburan Akhir Pekan

Pekerja memproduksi bakpia di Bakpia Pathok 526 Sedulur, Ngampilan, Pathuk Sanggrahan, Yogyakarta, Jumat (27/8/2021).  ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pekerja memproduksi bakpia di Bakpia Pathok 526 Sedulur, Ngampilan, Pathuk Sanggrahan, Yogyakarta, Jumat (27/8/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Salah satu penjual bakpia pathok yang melegenda di Jogja adalah Bakpia 25. Kini rasa bakpia pathok pun sudah beragam, mulai dari kacang ijo, coklat, keju, dan masih banyak lagi.

2. Gudeg kalengan

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang diolah dari nangka muda dengan santan dan disajikan bersama sambal goreng krecek. Jika dulunya gudeg hanya bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang ke Jogja, seiring berjalannya waktu, telah ditemukan inovasi gudeg kalengan.

Masa kedaluarsa gudeg kalengan juga cukup lama sehingga bisa kamu simpan untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

3. Cokelat Monggo

Baca Juga: Bisa Bikin Lapar! Tiga Rekomendasi Dorama Jepang Bertema Kuliner

Cokelat hasil karya dari Thiery Detournay ini diolah menggunakan beragam cokelat asli dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Selain menyuguhkan rasa original cokelat, Cokelat Monggo juga memiliki varian rasa mulai dari mangga, durian, sampai cabai merah.

4. Walang goreng

Makanan satu ini merupakan oleh-oleh khas dari salah satu kabupaten di Yogyakarta, yaitu Gunungkidul. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, rasa walang atau belalang goreng ini juga sangat gurih dan cocok dimakan dengan nasi hangat.

Penjual walang goreng sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan menuju Gunungkidul.

Ilustrasi buah dan biji salak. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi buah dan biji salak. (Sumber: Shutterstock)

5. Salak pondoh

Sleman merupakan daerah penghasil salak pondoh yang dikenal dengan rasanya yang manis dan segar. Kelezatan salak pondoh bahkan sudah mencapai Selandia Baru.

Kalau ingin berwisata sekaligus melihat kebun salak pondoh, kamu bisa berkunjung ke wilayah Kampung Gandung di Sleman.

6. Geplak

Salah satu camilan manis khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang adalah geplak. Kue warna-warni yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah ini dapat dengan mudah kamu temukan di wilayah Bantul.

Selain warnanya yang cantik, kemasan geplak juga sangat menarik karena umumnya dikemas menggunakan anyaman bambu.

7. Mamahke Jogja

Kue kekinian artis satu ini sampai sekarang masih bertahan di Yogyakarta. Selain cita rasanya yang unik, bentuk kue Mamahke Jogja pun sangat menarik untuk dijadikan buah tangan.

Kalau kamu sedang mengunjungi toko kue milik Zaskia Adya Mecca ini, jangan lupa mampir ke kafenya yang juga tidak kalah menarik.

8. Bakpia kukus

Salah satu inovasi bakpia yang juga sayang dilewatkan adalah Bakpia Kukus Tugu Jogja. Perbedaan bakpia kukus dengan bakpia pathok terdapat pada teksturnya yang lebih lembut.

Saat ini, bakpia kukus sedang naik daun untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Jogja. Rasanya pun cukup beragam, ada kacang hijau, keju, dan cokelat.

9. Yangko

Kue mochi khas Jogja ini juga tidak hilang ditelan waktu. Secara keseluruhan, yangko memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dengan isian kacang cincang di dalamnya.

Yangko sangat mudah ditemukan di Yogyakarta karena hampir dijual seluruh toko oleh-oleh di sana.

10. Keripik belut

Di Pusat Kuliner Belut Godean, kamu bisa menemukan keripik belut dengan cita rasanya yang renyah dan lezat. Selain keripik, belut juga diolah menjadi beragam makanan lain seperti mangut welut, sego welut, sampai pepes welut.

Demikian 10 daftar oleh-oleh hits khas Yogya yang bisa kamu jadikan pilihan. Jangan lupa untuk cek tanggal kedaluarsa sebelum membelinya, ya! Selamat belanja oleh-oleh khas Jogja!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar