alexametrics

4 Alat Musik Sunda Khas Jawa Barat yang Mendunia

Rifan Aditya
4 Alat Musik Sunda Khas Jawa Barat yang Mendunia
Alat musik Sunda - Ilustrasi alat musik angklung (Shutterstock).

Simak berikut ini alat musik Sunda khas Jawa Barat yang mendunia.

Suara.com - Setiap daerah di Indonesia, memiliki alat musik tradisional dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satu alat musik tradisional yang sudah populer hingga mancanegara yaitu dari Jawa Barat. Simak berikut ini alat musik Sunda khas Jawa Barat yang mendunia.

Jawa Barat sendiri dikenal dengan Suku Sunda  dan kebudayaannya yang begitu kental. Budaya tersebut mencakup adat istiadat hingga kesenian baik tarian maupun alat musik tradisionalnya. Apa saja yang  termasuk alat musik Sunda? 

Bicara mengenai alat musik tradisional, ada berbagai alat musik Jawa Barat yang namanya sudah mendunia. Adapun daftar alat musik Sunda tersebut yaitu sebagai berikut:

1.       Angklung

Baca Juga: 3 Alat Musik Indonesia yang Mendunia

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, yang namanya sudah melesat hingga ke mancanegara. Alat musik tradisional ini menggunakan tabung bambu yang kemudian dirangkai menjadi satu.

Umumnya, satu buah angklung terdiri dari 2- 4 potong bambu dan mengeluarkan satu akor nada. Oleh karena itu, angklung biasa dimainkan beberapa orang guna menghasilkan irama yang indah.

2.       Calung

Calung salah satu alat musik Sunda khas Jawa Barat. Calung dipercaya sebagai awal mula lahirnya alat musik angklung. Calung sendiri dibuat dari bambu hitam yang memang dikenal akan ketahanannya.

Calung dibuat dengan cara disusun sesuai panjangnya. Calung yang sudah disusun nantinya akan mengeluarkan nada berurutan mulai dari nada tinggi hingga nada rendah. Diketahui, calung terbagi menjadi dua jenis, yaitu calung jinjing dan calung rantay.

Baca Juga: Museum Kalbar Gelar Pameran Alat Musik Khas Suku Dayak dan Melayu Sampai 26 September 2021

3.       Kecapi

Komentar