alexametrics

5 Keutamaan Salat Dhuha 6 Rakaat Dalam Islam, Apa Saja?

Bimo Aria Fundrika | Aflaha Rizal Bahtiar
5 Keutamaan Salat Dhuha 6 Rakaat Dalam Islam, Apa Saja?
Ilustrasi salat, sholat, ibadah, berdoa. [Shutterstock]

Ada lima keutamaan bila umat muslim melaksanakan salat Dhuha. Apa saja?

Suara.com - Salat Dhuha merupakan salat yang dilakukan setelah matahari terbit hingga menjelang waktu dzuhur. Untuk jam nya, bisa dilakukan mulai dari pukul 07.00-10.00 waktu setempat.

Mengutip dari Dalam Islam, ada lima keutamaan bila umat muslim melaksanakan salat Dhuha. Apa saja?

Bentuk sedekah

Rasulullah SAW menjelaskan, bahwa salat Dhuha merupakan salah satu bentuk sedekah orang muslim. Berikut hadist yang diungkap oleh H.R Muslim dari Abu Dzar:

Baca Juga: Jangan Lupa Salat Jumat, Ini Lho 5 Keutamaan Bagi Laki-laki Muslim

“Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, menyuruh kebaikan merupakan sedekah, dan mencegah kemungkaran merupakan sedekah. Dan semua itu bisa disetarakan dengan mengerjakan Sholat Dhuha dua rakaat.”

Sebagai simpanan amal

Ilustrasi salat, sholat, ibadah. [Shutterstock]
Ilustrasi salat, sholat, ibadah. [Shutterstock]

Disebutkan bahwa salat Dhuha merupakan simpanan amal cadangan, di mana amal ini sangat berguna di hari akhir. Hal ini telah diungkap oleh Rasulullah SAW lewat hadist-nya:

“Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Jika benar (sholatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan jika rusak (sholatnya) maka ia akan kecewa dan rugi.”

“Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka Allah berfirman, ‘Perhatikanlah, jikalau hamba Ku memiliki sholat sunah maka sempurnakanlah dengan sholat sunahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada sholat wajibnya. Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya.” (H.R. Ash habus Sunan dari Abu Hurairah RA)

Baca Juga: Contoh Khutbah Jumat Singkat yang Bisa Menjadi Referensi

Mendapat kelapangan rezeki

Komentar