alexametrics

Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Momentum Perempuan Makin Berdaya

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Momentum Perempuan Makin Berdaya
Ilustrasi Perempuan berdaya (dok.Unsplash/Mateus Campos)

Tiga perempuan hebat sepakat untuk mendukung sesama perempuan profesional di seluruh Indonesia.

Suara.com - Acara Puncak Professional Women’s Week (PWW) 2021 yang berlangsung 24 September 2021di Ballroom The Langham Hotel, Jakarta berjalan sukses dengan menghadirkan sejumlah tokoh perempuan terbaik di bidangnya. 

Melalui acara ini, mereka bersepakat untuk mendukung sesama perempuan profesional di seluruh Indonesia, menikmati kehidupan terbaiknya dengan mengoptimalkan kontribusi multiperannya, baik di kantor dan di rumah. 

Salah satunya adalah Mien Uno, pakar perempuan di bidang pendidikan dan pakar etiket yang memberikan pesan agar kaum perempuan bersatu mengatasi kondisi sulit, yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

"Memang banyak yang tidak siap. Tapi perempuan adalah orang-orang hebat, memiliki mental juara. Di masa ini, sebaiknya kita jangan tergantung terus kepada suami ," kata ibunda  Menparekraf Sandiaga Uno ini dalam sebuah diskusi panel PWW 2021 beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ultah ke 80, Ini Pesan Mien Uno Untuk Perempuan Indonesia

Mien Uno, Dewi Motik dan Yanti Erlangga dalam acara Professional Women’s Week 2021  (Dok. PWW 2021).
Mien Uno, Dewi Motik dan Yanti Erlangga dalam acara Professional Women’s Week 2021 (Dok. PWW 2021).

Senada dengan yang diungkap Dewi Motik, saat ini perempuan harus bisa meningkatkan keberdayaan dirinya, terlebih pada zaman sekarang, kaum Hawa bisa sangat hebat menjalani berbagai bisnis di banyak bidang.

"Di zaman serba digital seorang bisa mengerjakan bisnis sambil mengurus rumah tangga. Bisa sambil menyusui, sambil memasak tinggal pakai handphone. Handphone ini bisa melakukan apapun, mengirim barang bisa dengan cepat dan langsung mendapatkan uang," kata perempuan berusia 80 tahun itu. 

Dewi Motik pun mengapresiasi PWW 2021 yang digelar dengan tema #akuberdaya, sebuah tema sentral yang menjadi jiwa dari semua produk dan aktivitas Nina Nugroho.

Tema ini menurutnya sangat relevan dengan kondisi dunia saat ini. Mengingat perempuan memiliki peran penting, di mana ia harus menjaga kesehatan diri dan keluarga, sembari terus meningkatkan daya agar menjadi manfaat bagi sesama.

Sedangkan Yanti Erlangga, Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia menambahkan bahwa masa pandemi justru membuat kaum perempuan Indonesia semakin handal, tangguh sekaligus multi talenta.  

Baca Juga: Mien R Uno, Sosok Ibu di Balik Suksesnya Perjalanan Hidup Sandiaga Uno

"Di rumah itu seorang ibu memegang banyak peran, mulai dari menjadi ibu, istri, pengusaha, guru dan psikolog  untuk anak-anaknya,” ujar Yanti.

Komentar