alexametrics

5 Tips Menggosok Gigi Kucing dengan Benar Sesuai Anjuran Dokter Hewan

Arendya Nariswari
5 Tips Menggosok Gigi Kucing dengan Benar Sesuai Anjuran Dokter Hewan
Ilustrasi kucing (Unsplash)

Bingung bagaimana cara menjaga gigi dan mulut si kucing agar bersih terawat? Simak tips berikut ini.

Suara.com - Tak hanya makanan dan asupan nutrisi khusus untuk kucing yang penting diperhatikan. Kebersihan tubuh kucing kesayanganmu juga penting untuk selalu diperhatikan. Terutama kebersihan gigi kucing yang mungkin sering terlupakan. 

Artikel kali ini akan berbagi tips menggosok gigi kucing dengan benar dilansir dari video “TUTORIAL CARA MENGGOSOK GIGI KUCING” dari kanal YouTube Drh. Lavinta Viena, Jumat (8/9/2021). Mari simak tips berikut ini!

Tips Menggosok Gigi Kucing

Siapkan pasta gigi khusus kucing atau anjing (tidak boleh pasta gigi manusia), yang mengandung Advance enzim action & liver flavor. Kandungan ini memiliki aroma liver yang mungkin disukai kucing saat dioleskan dan digosok pada giginya.

Baca Juga: Jaga Kebersihan Lingkungan, Petugas PPSU Jaksel Disiagakan 24 Jam

Gunakan sikat gigi khusus kucing yang berukuran kecil.

  • Tahap 1

Pegang daerah luar mulut dari kucing secara lembut dan perlahan. Pijat dan elus hingga kucing merasa nyaman.

  • Tahap 2

Masukkan jari ke mulut kucing secara halus untuk memberi stimulus pada kucing.

  • Tahap 3

Berikan atau sodorkan sedikit pasta gigi khusus kepada kucing. Caranya ditaruh di ujung jari dan dekatkan pada mulut kucing. Perhatikan jika kucing menikmati pasta gigi tersebut.

  • Tahap 4

Berikan pasta gigi dan gosok menggunakan tangan yang bersih. Pertama, pegang bagian rahang atas kucing menggunakan tangan kiri dan tarik ke belakang hingga terlihat gigi sampingnya. Lumurkan dan gosok pasta giginya menggunakan jari.

Baca Juga: Viral Kucing Oren Pakai Kerudung dan Cadar Dikira Jenglot, Videonya Ditonton 15 Juta Kali

  • Tahap 5

Gosok gigi kucing menggunakan sikat dan pasta gigi. Posisi kita ada di belakang kucing, buka rahang atas dengan tangan kiri, tarik hingga bisa melihat posisi gigi. Gosok sebentar dan perlahan agar kucing tidak stres. Mulai dari sebelah samping kanan, depan, dan samping kiri. Hati-hati jangan sampai gusinya berdarah. 

Itulah tips menggosok gigi kucing dengan benar menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk kucing. Kuncinya lakukan dengan sabar, perlahan, dan tetap membuat kucing merasa nyaman. Lakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan gigi kucing tetap sehat! Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar