alexametrics

Jadi Primadona, Ini 3 Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jadi Primadona, Ini 3 Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan
Ilustrasi susu (Pixabay/Couleur)

Apa saja manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan tubuh?

Suara.com - Belakangan ini, susu kambing tengah jadi primadona di kalangan masyarakat karena memiliki manfaat kesehatan. Susu kambing memiliki beberapa jenis, salah satunya susu kambing etawa. Lantas, apa saja manfaat susu kambing etawa yang semakin banyak dicari orang?

Diketahui, susu yang tengah naik daun itu diperoleh dari jenis kambing hasil perkawinan silang antara kambing lokal (Indonesia) dan kambing Jamnapari (India). Hasil dari persilangan ini dinamakan kambing etawa.

Susu kambing etawa dikenal memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari sumber kalori, protein, dan lemak. Di berbagai negara, termasuk Indonesia, tak sedikit orang yang lebih menyukai susu kambing dibanding susu sapi.

Nah, simak berikut ini manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan, dilansir dari webmd.com.

Baca Juga: Punya Manfaat Kesehatan, Ternyata Susu Almond Juga Menimbulkan Efek Samping yang Berbahaya

Ilustrasi Susu (Pixabay)
Ilustrasi Susu (Pixabay)

1. Tinggi Protein dan Mudah Dicerna

Dibandingkan dengan susu sapi standar, susu kedelai, susu kacang, susu almond, dan susu beras, susu kambing memiliki lebih banyak kandungan protein. Selain itu, protein dalam susu kambing juga lebih mudah dicerna. Artinya, susu kambing ini aman untuk tubuh.

2. Tidak Memicu Alergi Susu

Beberapa orang yang menderita alergi susu sapi masih diperboleh untuk mengonsumsi susu kambing. Sebab, susu kambing berpotensi tidak memicu alergi. Sebuah penelitian menyebutkan, sekitar satu dari empat bayi yang alergi susu sapi tidak alergi terhadap susu kambing.

Oleh karena itu, jika memiliki alergi terhadap produk susu, kamu dapat meminta dokter untuk menguji apakah kamu dapat mengonsumsi susu kambing dengan aman. Pastikan konsultasi ke dokter lebih dulu jika kamu mengetahui alergi susu.

Baca Juga: WAJIB BELI 10 Oleh-oleh Khas Lampung: Pie Susu Pisang, Sambal Lingkung dan Lempok Durian

3. Mengurangi Kadar Kolesterol

Susu kambing membantu mengurangi kadar kolesterol pada orang dengan kolesterol tinggi. Sebuah penelitian menyebutkan, susu kambing dapat membantu mengurangi kolesterol di arteri dan kantong empedu. Itu artinya, susu kambing dapat membantu penderita kolesterol tinggi dalam mengontrol kadar kolesterol mereka.

Potensi Risiko Susu Kambing

Meski susu kambing dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, perlu diketahui juga bahwa susu kambing punya sejumlah kekurangan. Adapun kekurangan tersebut yaitu mengandung laktosa dan mempunyai lebih banyak kalori.

Nah, demikianlah informasi mengenai manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar