alexametrics

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Arendya Nariswari
5 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga
Ilustrasi perut buncit. (Shutterstock)

Tak hanya berolahraga, simak 5 cara mengecilkan perut buncit berikut ini.

Suara.com - Perut buncit menjadi salah satu hal yang tak hanya mengganggu penampilan namun juga rasa nyaman. Tak heran jika banyak orang mencari cara mengecilkan perut paling mudah sekaligus efisien.

Cara mengecilkan perut tidak melulu soal diet, bahkan olahraga. Karena fokus perut buncit ada pada penumpukan lemak pada perut, maka yang harus kita singkirkan adalah lemak-lemak tersebut.

5 cara mengecilkan perut tanpa olahraga

1. Perbanyak konsumsi protein

Baca Juga: 8 Tips Mengadopsi Kucing Liar Menurut Dokter Hewan Terpercaya

Salah satu fungsi protein adalah meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu kita dalam mengonsumsi kalori secara berlebih. Hal ini disebabkan oleh pengaruh protein terhadap hormon pengatur rasa lapar seperi ghrelin.

Beberapa makanan tinggi protein yang bisa kamu pilih adalah biji-bijian dan telur.

2. Hindari gula berlebih

Mengonsumsi gula bukanlah sesuatu yang dilarang, namun memang perlu diberi Batasan. Gula memiliki kandungan fruktosa tinggi yang akan diubah menjadi lemak oleh hati apabila dikonsumsi berlebihan.

Selain dapat membuat perut buncit, mengonsumsi gula berlebih juga sangat berbahaya untuk kesehatan. Beberapa studi menyebutkan bahwa peningkatan lemak perut dan hati dapat menyebabkan resistensi insulin.

Baca Juga: Kenali Gejala Diabetes yang Mungkin Jarang Disadari Oleh Banyak Orang

3. Perbanyak minum air putih

Salah satu studi menyebutkan bahwa meminum air putih 30 menit sebelum waktu makan dapat mengurangi rasa lapar sehingga mendorong kita makan dalam porsi yang lebih kecil dari yang kita inginkan.

Saat itu, terdapat penelitian yang memperlihatkan peserta yang minum air sebelum makan akan kehilangan berat badan 44 persen lebih banyak daripada mereka yang tidak melakukannya, selama periode 12 minggu.

4. Perbanyak makanan tinggi serat

Sebagian besar serat laur dan kental akan mengikat air dan membentuk gel tebal pada usus. Dengan gel tersebut, gerakan makanan dalam sistem pencernaan akan ikut melambat yang juga dapat memperlambat penyerapan nutrisi.

Hal ini tentunya akan memberikan efek nafsu makan yang berkurang.

Contoh makanan tinggi serat adalah sereal, gandum utuh, kacang-kacangan, dan tentunya sayur serta buah.

5. Kurangi konsumsi sodium

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan sodium tinggi alias makanan asin dan gurih rupanya juga menjadi faktor perut buncit.

Garam berlebih pada makanan dapat mengikat atau menahan air dalam tubuh sehingga tubuh akan terlihat lebih gemuk, salah satunya pada bagian perit.

Oleh karena itu, cara mengecilkan perut salah satunya adalah dengan mengontrol konsumsi makanan asin dan gurih.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar