alexametrics

3 Manfaat Bawang Putih yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Mencegah Serangan Jantung

Rima Sekarani Imamun Nissa
3 Manfaat Bawang Putih yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Mencegah Serangan Jantung
Bawang Putih, Salah Satu Makanan Antikanker. (Shutterstock)

Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Suara.com - Apa bumbu dapur yang sering Anda gunakan dalam memasak? Tentu salah satunya bawang putih, kan? Lebih dari sekedar penyedap masakan, ternyata manfaat bawang putih untuk kesehatan juga cukup banyak, lho.

Mudah didapatkan dan memiliki khasiat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh, tak heran belakangan popularitas bawang putih meningkat cukup pesat. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Kesehatan Jantung

Menurut Journal of Nutrition, ekstrak bawang putih yang dikeringkan bisa membantu menurunkan kadar kalsium dan protein C-Reaktif dalam arteri yang merupakan tanda penumpukan plak. Kondisi tersebut dapat mempersempit arteri sehingga memicu terjadinya peradangan.

Baca Juga: Resep Baso Aci Instan, Bisa Jadi Ide Bisnis Rumahan dan Caranya Mudah!

Bawang Putih (Shutterstock)
Bawang Putih (Shutterstock)

Selain mencegah terjadinya penyumbatan, kandungan yang ada pada ekstrak bawang putih kering juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah. Praktis, kesehatan jantung akan lebih terjaga dengan kondisi demikian karena aliran darah menjadi lancar.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Konsumsi rutin 1-2 siung bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan diketahui bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara drastis. Hal ini terdokumentasi dalam Journal of Postgraduate Medicine.

Dari mana manfaat ini berasal? Asalnya adalah kandungan senyawa Allicin yang dimiliki oleh bawang putih mentah.

Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan ini, bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung, dikunyah, dipotong, atau ditumbuk. Agak aneh tentu rasanya, tapi manfaatnya pun sedemikian besar.

Baca Juga: Menakjubkan! Ini 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Melawan Influenza

Flu menjadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang masyarakat, terutama ketika musim pancaroba. Konsumsi bawang putih bisa membantu tubuh melawan virus penyebab flu sehingga tubuh tak mudah 'ambruk' saat terserang penyakit ini.

Masih mengandalkan senyawa Allicin, kandungan ini bisa membantu membunuh kuman penyebab beragam penyakit, mulai dari pilek, radang tenggorokan, flu, serta batuk. Ini mengapa manfaat bawang putih begitu banyak untuk kesehatan.

Sebenarnya masih banyak manfaat bawang putih yang bisa diperoleh, selama diolah dengan benar dan sesuai dengan rekomendasi dokter kepercayaan Anda. Maka, tak perlu ragu untuk bertanya mengenai beragam manfaat bahan alami pada dokter. Mari hidup sehat mulai dari sekarang dan kembali ke bahan alami!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar