alexametrics

Ketahui Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Ini 3 Poin Pentingnya!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ketahui Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Ini 3 Poin Pentingnya!
Ilustrasi temulawak. (Pixabay/taharbekkaye)

Apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh? Simak uraian di bawah ini.

Suara.com - Curcuma Xanthorrhiza atau lebih dikenal dengan temulawak, merupakan tanaman obat khas Indonesia yang banyak ditemukan di Pulau Jawa. Manfaat temulawak sendiri, seperti yang sudah banyak diketahui orang, sangat beragam untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Meski juga terkenal sebagai salah satu tambahan dalam bumbu atau bahan masakan, manfaat kesehatan yang dimiliki oleh tanaman herbal ini cukup banyak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan.

Menambah Nafsu Makan

Salah satu manfaat termulawak yang paling terkenal adalah menambah nafsu makan, mengingat banyaknya iklan produk penambah nafsu makan di pasaran yang menyoroti khasiat temulawak. Sistemnya adalah dengan mempercepat pengosongan lambung sehingga seorang akan mudah merasa lapar.

Baca Juga: Studi Ungkap Manfaat Kesehatan Jus Cranberry: Bisa Cegah Masalah ISK Pada Perempuan!

Ilustrasi anak makan (Elements Envato)
Ilustrasi anak makan (Elements Envato)

Biasanya khasiat ini dijadikan nilai utama dalam produk atau suplemen khusus anak, meski ditemukan juga pada produk untuk orang dewasa. Imbangi dengan asupan nutrisi yang lengkap dan higienis ya agar manfaatnya benar-benar terasa.

Kandungan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Temulawak mengandung banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan. Sebut saja amilase, fenolase, lemak, pati, mineral, turunan fenol, dan minyak atsiri. Semua ini bisa berefek baik pada daya tahan tubuh.

Manfaat ini bisa dibilang sangat penting, terlebih pada kondisi seperti sekarang yang menuntut daya tahan tubuh tinggi agar aktivitas tak terganggu. Rutin mengonsumsi temulawak rutin bisa membantu Anda menambah daya tahan tubuh secara signifikan.

Membantu Melawan Bakteri Penyebab Penyakit

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin D Selain Menyehatkan Tulang, Mencegah Kanker hingga Depresi

Ternyata manfaat temulawak yang lain adalah membantu melawan bakteri penyebab penyakit pada tubuh Anda. Temulawak mengandung senyawa anti-bakteri dan anti-jamur yang dapat melawan bakteri seperti Staphylococcus dan Salmonella.

Bakteri yang pertama disebutkan merupakan pemicu terjadinya infeksi kulit, pneumonia, bahkan gastroenteritis. Sedangkan Salmonella merupakan bakteri yang menginfeksi makanan sehingga memicu terjadinya penyakit tipes. Oleh karenanya, konsumsi temulawak cukup efektif untuk menjaga kesehatan, kan?

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan. Jika ingin tahu lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan keterangan langsung dari dokter atau ahli gizi terpercaya, lengkap dengan rekomendasi takaran konsumsi setiap hari.

Semoga bisa menjadi artikel yang bermanfaat. Mari hidup sehat dengan bahan-bahan alami!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar