alexametrics

7 Cara Cepat Mengusir Lalat yang Menyebalkan dari Rumah, Praktis Tanpa Ribet!

Arendya Nariswari
7 Cara Cepat Mengusir Lalat yang Menyebalkan dari Rumah, Praktis Tanpa Ribet!
Ilustrasi lalat. (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Risih dengan lalat yang kerap berdatangan di dapur rumah? Simak tips mengusirnya berikut ini.

Suara.com - Cara cepat mengusir lalat yang memasuki rumah bisa dilakukan sejak awal. Sangat penting untuk menutup pintu dan jendela jika memungkinkan, menutupi makanan, membersihkan sisa makanan, dan menutup tempat sampah dengan rapat. Ada pula alat pemukul lalat, namun ada beberapa cara mengusir lalat yang mudah seperti dilansir dari Prevention, Rabu (20/10/2021).

Cara Mengusir Lalat di Rumah

1. Mencampurkan Cuka Sari Apel dan Sabun Cuci Piring

Campurkan bagian yang sama dari cuka sari apel dan sabun cuci piring dalam mangkuk kecil dan tambahkan sedikit gula. Idealnya, sabun cuci piring memiliki aroma buah. Sedangkan bau fermentasi dari cuka dapat menarik apel. Sabun benar-benar akan membasmi lalat dan merusak saluran pencernaan lalat serta menghancurkan dinding sel mereka.

Baca Juga: Menumpuk, Koalisi Pemantau Plastik Ramah Lingkungan Tolak Produk Baru Kemasan Plastik

2. Cobalah Fly Paper

Ambil selembar kertas lengket yang dapat Anda ikat dengan mudah di langit-langit atau di manapun lalat paling sering berkeliaran. Saat lalat atau serangga bersayap lainnya mendekati, mereka akan menempel di kertas.

Demikian pula, Anda dapat meletakkan minyak kayu putih pada potongan kertas yang digantung, misalnya di dekat jendela, sebagai cara mengusir lalat. Hal ini karena lalat tidak menyukai aromanya. Cara ini hanya akan mengusir lalat, bukan membunuh mereka.

3. Buat Jebakan Botol Soda

Ambil botol plastik kosong dan potong sepertiga atasnya. Taruh air gula di sepertiga bagian bawah lalu letakkan potongan-potongan kembali di atasnya dengan cara dibalik. Sehingga bagian atas botol menghadap cairan dan menjadi semacam corong. Lalat akan masuk ke dalam botol, namun tidak akan bisa keluar.

Baca Juga: Pemerintah Daerah Diminta Segera Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

4. Pindahkan Tumpukan Mulsa dari Rumah

Lalat akan berkembang biak di dalam mulsa - material penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembapan. Jika Anda tidak memiliki banyak ruang di lingkungan rumah, setidaknya coba untuk menjauhkan tumpukan mulsa dari pintgu dan jendela.

5. Menjaga Tempat Sampah Tetap Tertutup Rapat

Lalat tertarik pada aroma barang yang difermentasi dan membusuk. Itulah sebabnya menjadi sampah. Menjaga tempat sampah tetap tertutup dan jauh dari pintu rumah akan membantu mengusir lalat.

6. Menutup Makanan

Tak hanya kotoran sebagai tempat berkembang biak yang sempurna bagi lalat, merek mungkin mendarat dan hinggap di atas makanan yang terbuka dan sangat berbahaya.

7. Meletakkan Beberapa Tanaman

Tanaman tertentu dengan bau aromatik, seperti kemangi, lavender, dan mint, dapat digunakan sebagai cara mengusir lalat dan hama lainnya. Lalat tidak menyukai bau dari tanaman tersebut.

Jika cara mengusir lalat di atas sudah dilakukan dengan baik, penting untuk menghubungi profesional untuk melakukan tindakan terbaik untuk membasmi lalat. Mereka akan melakukan pembasmian lalat dengan program unik sesuai lingkungan rumah Anda.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar