alexametrics

Wajib Dicoba! 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita Tanpa Olahraga

Rima Sekarani Imamun Nissa
Wajib Dicoba! 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita Tanpa Olahraga
Ilustrasi perut buncit. (Shutterstock)

Berikut beberapa cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga. Apa saja, ya?

Suara.com - Perut buncit memang menjadi momok bagi sebagian dari kita, terutama wanita. Maka tidak heran, mereka berusaha mencari cara mengecilkan perut buncit pada wanita secara cepat dan tentunya aman terutama tanpa olahraga. Memangnya, bagaimana cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga?

Pada dasarnya, perut buncit diakibatkan tumpukan minyak berlebih di bagian perut. Namun, perut buncit pada wanita juga bisa terjadi seiring bertambahnya usia, terlebih saat memasuki masa menopause. Hal ini dipicu oleh penurunan hormon estrogen yang berperan membantu penyebaran lemak dalam tubuh.

Berikut tujuh cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga, terutama untuk wanita.

Hitung kebutuhan kalori per hari

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan

Melansir dari Livestrong, salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita tentu saja adalah menurunkan berat badan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan asupan kalori per hari sesuai kebutuhan.

Ilustrasi diet (Shutterstock)
Ilustrasi diet (Shutterstock)

Menurut pedoman diet Departemen Pertanian AS, seorang wanita di kisaran usia 31-50 tahun setiap harinya membutuhkan 1.800-2.200 kalori, tergantung aktivitas sehari-hari.

Nah, salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah memberikan asupan kalori sesuai dengan saran tersebut. Cara menghitungnya pun cukup mudah karena kini sudah ada kalkulator penghitung kalori di internet.

Pengelolaan stres

Poin satu ini mungkin kerap diabaikan, padahal stres bisa memicu peningkatan nafsu makan dan penurunan kualitas tidur sehingga dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Baca Juga: Demi Tampil Sempurna, 6 Seleb Korea Ini Rela Diet Ekstrim

Oleh karena itu, penting untuk menjaga tingkat stress dengan melakukan hal-hal menyenangkan dan tentunya berilah waktu tidur untuk pikiran dan badan kamu setidaknya 7 jam setiap malam.

Kurangi konsumsi gula

Makanan yang manis memang selalu menggoda, namun perlu diingat bahwa kita memiliki batasan mengkonsumsi gula setiap harinya. Jika hal tersebut terlupakan, menghilangkan perut buncit pada wanita hanya akan menjadi sebatas angan.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2013, anjuran konsumsi gula per orang tidap harinya adalah 200kkal, atau 10 persen dari total energi. Jumlah ini setara dengan empat sendok makan atau 50 gram.

Ilustrasi mengurangi makanan manis. (Shutterstock)
Ilustrasi mengurangi makanan manis. (Shutterstock)

Perbanyak makanan tinggi protein

Lisa Young, PhD, RD, seorang ahli diet teregistrasi menjelaskan bahwa makan makanan tinggi protein merupakan salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita. Apalagi, makanan tinggi protein sebenarnya cukup mudah kita temui, seperti telur, kacang-kacangan, dan ikan.

Protein diketahui mampu menghancurkan lemak pada bagian perut wanita dan memberikan efek kenyang yang lebih lama, karena protein sulit dipecah.

Batasi asupan garam

Asupan garam berlebih dalam tubuh dapat menahan cairan yang sudah berada di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi natrium menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang ampuh.

Dengan memberi asupan garam dalam batas wajar, air yang kita minum akan menghidrasi tubuh dengan lancar untuk kemudian dibuang.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar