alexametrics

Bangga Banget, Saat Batik Indonesia Tampil di Times Square New York!

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Bangga Banget, Saat Batik Indonesia Tampil di Times Square New York!
Yayasan Batik Indonesia bawa batik tampil di Times Square, New York. (Dok. Yayasan Batik Indonesia)

Yayasan Batik Indonesia (YBI) membawa batik tampil di salah satu billboard di kawasan Time Square, New York yang gemerlap.

Suara.com - Batik telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbenda oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) lebih dari satu dekade lalu.

Sebagai warisan budaya yang diakui dunia, batik sepatutnya dirawat dan dilestarikan. Bukan cuma di dalam negeri, batik juga harus mampu menembus pasar global.

Upaya inilah yang dilakukan Yayasan Batik Indonesia (YBI), hingga membawa batik tampil di salah satu billboard di kawasan Time Square, New York yang gemerlap.

Di sana sebuah video ditampilkan yang memperlihatkan proses pembuatan batik, model, influencer, orangtua hingga anak-anak yg mengenakan batik, termasuk batik Indonesia yang tampil di panggung New York Fashion Week.

Baca Juga: 4 Motif Batik Ini Dianggap Paling Populer di Mata Dunia

Ilustrasi Batik(Pixabay/masbet)
Ilustrasi Batik(Pixabay/masbet)

Menurut Ketua Umum YBI Yanti Airlangga, hal ini menggambarkan bahwa batik bisa di pakai oleh semua kalangan, dengan mengambil tema "Batik made in Indonesia". Ini merupakan salah satu program promosi dan hubungan luar dari Yayasan Batik Indonesia agar lebih dikenal di dunia International.

Pada saat Pemutaran Video tersebut, hadir secara langsung di Time Square New York, Ketua Harian YBI, Coreta Louise yang juga merupakan salah satu designer YBI dan creative director Indonesia, juga Stephanie Brunetiis dan Olga ferarra fashion Influencer New YorK.

"Yayasan Batik Indonesia senantiasa berupaya membantu perajin batik terlebih di era pandemi ini dan bukan hanya sekedar melestarikan Batik Indonesia saja, tapi juga bagaimana Batik Indonesia agar dapat sustain secara Bisnis," ujarnya dalam siaran pers yang Suara.com terima.

Hal ini kata dia penting agar para pengerajin batik bisa lebih berkembang dan semangat lagi untuk membuat batik Indonesia. Selain itu juga bisa memperkenalkan batik Indonesia di industri fashion international, sehingga batik bisa lebih mendunia.

Baca Juga: Bareng ke AS, Omar Daniel Komentari Kasus Karantina Rachel Vennya

Komentar