alexametrics

Ketahui 10 Manfaat Berjilbab Bagi Muslimah

Risna Halidi
Ketahui 10 Manfaat Berjilbab Bagi Muslimah
Ilustrasi wanita muslim berjilbab (Elemen envato)

Dalam agama Islam, pemakaian busana ini diatur dalam tuntunan syariat.

Suara.com - Jilbab merupakan busana yang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah. Jilbab biasa dikenakan oleh para perempuan yang beragama Islam atau Muslimah.

Dalam agama Islam, pemakaian busana ini diatur dalam tuntunan syariat Islam. Para muslimah diperintahkan untuk menggunakan pakaian yang bisa menutup aurat, atau biasa yang dikenal dengan sebutan hijab.

Manfaat menggunakan jilbab perlu diketahui, terutama bagi para Muslimah atau wanita yang memakai jilbab saat beraktivitas sehari-hari. Sebab, menggunakan jilbab tidak hanya perintah agama semata, melainkan banyak manfaat yang diperoleh.

Berikut manfaat yang diperoleh ketika seseorang menggunakan jilbab:

Baca Juga: Pandemi COVID-19 Dorong Ulama Telaah Ulang Pandangannya terhadap Ajaran Islam

Ilustrasi wanita berjilbab (Pixabay Fatherfab)
Ilustrasi wanita berjilbab (Pixabay Fatherfab)

1. Mentaati aturan agama Islam
Dari pandangan agama, memakai jilbab merupakan perintah. Karena tidak ada dampak buruk yang ditimbulkan ketika wanita memakai jilbab. Jutsu memakai jilbab mempunyai banyak manfaat. Hal ini sejalan dengan agama yang mengajarkan kemanfaatan bagi seluruhnya.

Dasar seorang Muslim diperintahkan memakai jilbab yakni:

"Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuan dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang Mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka mudah dikenal (sebagai wanita Muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Al-Ahzab ayat 59)

2. Terhindar dari azab yang pedih
Dalam ajaran Islam dikatakan bahwa perempuan wajib memakai jilbab atau mengulurkannya hingga menutupi dada. Jika tidak memakainya maka akan mendapatkan dosa dan azab. Hal ini diterangkan dalam sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda:

“Aku melihat ada perempuan di gantung rambutnya, otaknya mendidih. Perempuan itu adalah perempuan yang mengumbar dan mempertontonkan rambutnya kepada laki-laki selain suaminya. Perempuan ini mukanya akan menghitam dan memakan isi perutnya sendiri”. (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Respons Pernyataan Gus Yaqut, MPR: NU Berperan Bentuk Kemenag, Tapi Bukan Satu-satunya

3. Menjaga kehormatan diri

Komentar