alexametrics

Frame atau Lensa, Mana yang Lebih Penting Saat Beli Kacamata?

Risna Halidi
Frame atau Lensa, Mana yang Lebih Penting Saat Beli Kacamata?
Frame atau Lensa, Mana yang Lebih Penting Saat Beli Kacamata? (Dok. Hoya)

Kesehatan mata merupakan salah satu investasi kesehatan tubuh jangka panjang.

Suara.com - Kesehatan mata merupakan salah satu investasi kesehatan tubuh jangka panjang. Dengan mata yang sehat, maka aktivitas sehari-hari juga akan lebih mudah dan kualitas hidup akan tetap baik.

Hanya saja, perkembangan teknologi membuat kebutuhan sehari-hari kerap harus selaras dengan gaya. Itu juga yang membuat pengguna kacamata cenderung memiliki pemikiran mana yang lebih penting, frame kacamata atau lensa.

Dikatakan President Direktur PT Hoya Lens Indonesia, Dodi Rukminto, untuk pengguna kacamata, lensa penglihatan yang tajam dapat meningkatkan kinerja mata sebagai indera penglihatan.

Meski begitu, lensa dan frame kacamata ibarat dua sejoli yang tidak dapat dipisahkan. Frame bermerek, kata Dodi, mungkin akan membuat nyaman dan meningkatkan penampilan. Tetapi lensa yang baik juga tak kalah penting.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan, Sahabat Diet Sehat sampai Bantu Cegah Kanker

"Pemakai kacamata bukan sekadar mengetahui merek frame yang trendi, namun juga didukung dengan lensa yang berkualitas. Karena bagaimanapun, fungsi utama dari berkacamata adalah untuk membantu mata memperoleh penglihatan yang tajam," kata Dodi dikutip Suara.com dari siaran pers, Kamis (28/1/2021).

Ia melanjutkan, dengan lensa yang baik, maka mata atau indra penglihatan akan merasakan dan mendapat manfaat. Apalagi selama lebih dari 12 jam, dari bangun tidur sampai tidur, kacamata akan selalu bertengger di wajah.

"Maka apabila kita memakai lensa kacamata sembarangan, mata akan merasa tidak nyaman dan mudah lelah, bahkan dapat memperburuk penglihatan. Hanya beberapa merek lensa kacamata yang dibuat dari material berkualitas tinggi dengan teknologi inovatif dan terdepan. Salah satunya Hoya, lensa kacamata berteknologi Jepang," tambahnya.

Jika bertanya kepada para tenaga kesehatan mata yang ada di optik atau RO (Refractionist Optician/Optometris) lensa kacamata mana yang baik adalahlensa kacamata yang memiliki kualitas bahan material yang bagus.

"Selain itu dibuat dengan desain teknologi mutakhir dan dengan lapisan coating yang kuat melindungi dari goresan, mudah dibersihkan dan tahan lama," pungkas Dodi.

Baca Juga: 5 Manfaat Bayam yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

Bagaimana, sudah paham mana yang lebih penting saat hendak membeli kacamata?

Komentar