alexametrics

Kenapa Perlu Melepas Lensa Kontak saat Tidur? Ini Sebabnya

Yasinta Rahmawati
Kenapa Perlu Melepas Lensa Kontak saat Tidur? Ini Sebabnya
Ilustrasi lensa kontak. (Shutterstock)

Meski sekali dua kali tidak melepas lensa kontak dan mata tidak kenapa-napa, bukan berarti bisa terus melakukan kebiasaan berbahaya tersebut.

Suara.com - Ada waktu di mana pemakai lensa kontak kelelahan sehingga lupa untuk melepas lensa kontak saat akan tidur. Tapi, sebaiknya Anda selalu melepas kontak lensa sebelum tidur.

Tidur dengan lensa kontak secara teratur (terutama yang tidak dibuat khusus untuk aman dipakai semalaman) hanyalah salah satu dari banyak kesalahan yang dilakukan pemakai lensa kontak yang dapat merusak mata.

"Sebagai spesialis kornea, beberapa infeksi kornea terburuk yang pernah saya tangani berhubungan langsung dengan kebiasaan kebersihan lensa kontak yang buruk," ujar kata dokter mata Florida Selatan, Inna Ozerov, MD.

Meski sekali dua kali tidak melepas lensa kontak dan mata tidak kenapa-napa, bukan berarti bisa terus melakukan kebiasaan berbahaya tersebut. Ada sejumlah besar risiko dan konsekuensi kesehatan jangka panjang yang parah dapat muncul.

Baca Juga: Ini Batas Aman Penggunaan Lensa Kontak dari Dokter Mata

"Sebuah ulkus kornea sentral dapat berkembang cukup cepat selama 24 jam dan dapat memiliki konsekuensi yang berpotensi merusak penglihatan seseorang," kata Ozerov.

Ilustrasi Lensa Kontak (Pixabay)
Ilustrasi Lensa Kontak (Pixabay)

Namun jenis organisme yang lebih ganas yang menyerang kornea berkembang dalam lingkungan yang gelap, lembap, dan tekanan oksigen rendah. Inilah tepatnya kondisi yang terjadi pada permukaan mata saat kita tidur.

"Lensa kontak memungkinkan mikroorganisme untuk menempel pada lensa, sehingga meningkatkan kemungkinan infeksi," tambahnya.

Ulkus bukan satu-satunya risiko memakai lensa kontak saat tidur. National Sleep Foundation memperingatkan bahwa kurangnya oksigen yang mencapai kornea untuk rentang 24 jam itu juga dapat memiliki risiko merugikan yang dapat membuat Anda tidak dapat memakai lensa kontak lagi.

Tidur dengan lensa kontak dapat membuat mata merah, menyebabkan pertumbuhan bakteri pada kelopak mata, dan menyebabkan infeksi lain.

Baca Juga: Dokter Sarankan Segera Lepas Lensa Kontak Jika Alami Hal Ini Pada Mata

Ozerov menambahkan bahwa pengguna lensa kontak perlu mengingat bahwa lensa kontak adalah perangkat medis dan membutuhkan perawatan yang tepat.

"Saya juga mengingatkan pemakai lensa kontak saya bahwa mereka harus selalu memiliki kacamata untuk dipakai kembali," katanya.

Komentar