alexametrics

4 Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Arendya Nariswari
4 Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Pertumbuhan Sel Kanker
Ilustrasi kunyit putih. (Pixabay/Joseph Mucira)

Tak hanya yang berwarna kuning, temu putih ternyata juga memiliki segudang manfaat.

Suara.com - Kunyit putih merupakan saudara dari kunyit kuning. Jika kunyit kuning berwarna kuning, maka kunyit putih berwarna putih. Kunyit putih dikenal juga dengan nama temu putih. Berikut ini manfaat temu putih.

Temu putih atau kunyit putih atau Curcuma zedoaria merupakan tanaman semusim yang yang mana daunnya berbentuk bulat dan berwarna hijau muda.

Umumnya, rimpang temu putih tumbuh pendek, berwarna pucat, banyak serat, dan mengeluarkan aroma yang khas serta rasa yang pahit.

Walaupun tak sepopuler kunyit kuning, namun temu putih juga sering digunakan untuk keperluan obat-obatan tradisional di Jepang maupun China.

Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kumis Kucing, Lengkap dengan Cara Aman Mengolahnya

Berikut Manfaat Temu Putih

Diketahui, temu putih mengandung kurkuminoidz flavonoid, minyak atsiri, sulfur, astringensia, sedikit lemak, alkaloid, saponin, phenol, glikosida, terpenoid, dan steroid.

Berdasarkan beberapa kandunganya tersebut, simak berikut ini manfaat temu putih bagi kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Meminimalisir gejala tak enak badan

Temu putih diketahui memiliki manfaat yang baik dalam mengurangi gejala tak enak badan, seperti batuk, demam, perut kembung, muntah, serta badan menggigil. Sebuah penelitian menyebutkan, temu putih dapat meringankan gejala tak badan tersebut.

Baca Juga: Ternyata Mudah, Wanita Ini Bagikan Cara Membersihkan Noda Kunyit di Blender

2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Sebuah penelitian menyebutkan, kandungan yang terdapat dalam temu putih berguna dalam mencegah pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker usus besar dan kanker ovarium.

Penelitian lain juga menyebutkan, mengonsumsi ekstrak temu putih dapat membantu memperlambat atau mencegah pertumbuhan sel tumor ganas.

3. Menghambat perkembangan bakteri

Manfaat lainnya dari temu putih yaitu membantu dalam menghambat perkembangan bakteri Streptococcus viridans. Diketahui, bakteri ini menyebabkan pneimonia dan sepsis pada orang dengan kondisi neutropenia atau neutrofil rendah. Hal itu mengakibatkan sepsis serta meningitis pada bayi.

4. Mengatasi gejala alergi

Temu putih memiliki kandungan kurkumin yang manfaat dalam mengatasi alergi. Temu putuh berguna dalam menghambat penyebaran beta-hexosaminidase yang merupakan penyebab munculnya gejala alergi.

Nah, demikianlah informasi mengenai manfaat temu putih bagi kesehatan yang yang penting untuk ketahui. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar