alexametrics

Gen-Sy, Dorong Agar Generasi Muda Lebih Hidup Seimbang

Bimo Aria Fundrika
Gen-Sy, Dorong Agar Generasi Muda Lebih Hidup Seimbang
Milenial berpotensi jadi Generasi O. (Shutterstock)

Gerakan ini diharapkan menjadi platform untuk menjawab kebutuhan interest milenial sehingga generasi muda meraih keseimbangan hidup.

Suara.com - Generasi milenial kerap dianggap sebagai kelompok yang paling sulit menabung. Mereka dianggap lebih suka menghalokasikan dirinya untuk berilbur dan memberikan kesenangan untuk diriya sendiri.

Tapi, di sisi lain, generasi milenial juga merupakan kelompok yang mulai sadar akan pentingnya keseimbangan dalam hidup. Hal inilah yang kemudian membuat PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau (BSI) mendukung Gen-Sy (Generasi Syariah).

Gerakan ini diharapkan menjadi platform untuk menjawab kebutuhan interest milenial sehingga generasi muda meraih keseimbangan hidup, sekaligus memacu literasi ekonomi dan keuangan syariah.

"Kami berharap dengan adanya Gen-Sy dapat mendukung anak muda dalam kehidupan yang seimbang, dengan konsep-konsep seperti hidup seimbang sebagai kondisi ideal, mengingatkan kehidupan yang tidak boleh dijalankan secara berlebihan, dan juga anak muda aktif yang memang bersifat komunal dan berkumpul berdasarkan minat dan bakat mereka,” kata Hery Gunardi dalam sambutannya di acara bertema "The World of Balance" yang diselenggarakan oleh Gen-Sy, Kamis, (28/10/2021), di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. 

Baca Juga: Klaim Tepat Didorong Maju Pilpres 2024, Gerindra: Prabowo Capres Favorit Anak Milenial

Ghamal Peris Aulia Direktur PT Angkasa Pura (Persero) II dan Ketua Penelitian dan Kebijakan BUMN Muda. (Dok: Istimewa)
Ghamal Peris Aulia Direktur PT Angkasa Pura (Persero) II dan Ketua Penelitian dan Kebijakan BUMN Muda. (Dok: Istimewa)

Melalui kolaborasi ini, diharapkan mendorong generasi milenial dapat menjalankan harmonisasi dan keseimbangan dalam hidup mereka, sesuai dengan konsep Gen-Sy yang akan dijadikan sebuah pergerakan komunitas.

Gen-Sy merupakan wadah bagi anak muda untuk bisa berkembang dengan menjaga keseimbangan hidup baik secara kebutuhan dunia dan akhirat.Tujuan dari Gen-Sy adalah meningkatkan kesadaran kepada anak muda tentang pentingnya keseimbangan hidup dalam berbagai hal mulai dari apa yang konsumsi, kerjakan, rasakan, dan nikmati.

Pasalnya, mengacu data BPS tahun 2021, generasi muda di Indonesia saat ini mengalami berbagai kesulitan dalam menemukan keseimbangan dalam hidup. Jumlah generasi milenial di Indonesia per tahun 2020 berdasarkan sensus penduduk mencakup 25,87 persen.

Lebih lanjut Hery berharap anak muda bisa menjadikan Gen-Sy sebagai sebuah platform yang dapat menjawab kebutuhan sesuai ketertarikan milenial, melalui suatu media interaksi dan saling bertukar informasi sehingga menyatu sebagai sebuah komunitas baru.

“Ini sesuai dengan arahan dari Presiden saat peresmian BSI, bahwa BSI harus membidik generasi muda. Karena generasi muda akan menjadi tulang punggung perekonomian syariah nasional ke depan. Apalagi saat ini seperempat dari jumlah penduduk Indonesia merupakan anak muda,” tutur Hery.

Baca Juga: Survei: Generasi Muda Indonesia Pilih Selamatkan Lingkungan Daripada Pertumbuhan Ekonomi

Tak hanya itu, BSI pun berharap Gen-Sy dapat meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah di kalangan generasi muda, serta mengubah persepsi terhadap perbankan syariah menjadi lebih modern dan diterima oleh semua segmen.

Komentar