alexametrics

7 Cara Membuat Kamar Kedap Suara Paling Sederhana

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Cara Membuat Kamar Kedap Suara Paling Sederhana
Ilustrasi kamar tidur. (Pixabay/Pexels)

Ingin tahu cara membuat kamar kedap suara yang simpel dan bisa langsung dicoba? Yuk, simak tipsnya!

Suara.com - Suasana di luar kamar tidur bisa jadi berisik. Entah itu suara hewan peliharaan atau suara musik dengan volume maksimal. Beberapa orang mungkin menjadi sangat ingin mencari cara membuat kamar kedap suara supaya bisa mendapat ketenangan.

Kamu memang tidak selalu dapat mengontrol kebisingan yang ada di sekeliling kamar tidur, apalagi jika suara bising itu berasal dari jalan atau rumah tetangga. Dilansir dari Bobvila, Jumat (12/11/2021), kamu bisa menerapkan cara membuat kamar kedap suara yang sederhana berikut ini.

Cara Membuat Kamar Kedap Suara

Tutup Celah di Bawah Pintu

Baca Juga: 9 Potret Rumah Chef Renatta yang Minimalis, Terbuat dari Kontainer!

Ilustrasi kamar (photo by Patrick Perkins from unsplash.com)
Ilustrasi kamar (photo by Patrick Perkins from unsplash.com)

Suara dapat masuk melalui celah di bawah pintu kamar. Cara mudahnya, kamu bisa menutup celahnya pintu dengan menempelkan weatherstripping berbahan karet ke bagian bawah pintu.

Meningkatkan Kualitas Pintu Kamar

Kamar tidur dengan pintu berongga yang terdiri dari lapisan luar kayu tipis dengan plastik atau karton di dalamnya, cenderung lebih berisik dibanding dengan pintu kayu solid. Mengganti pintu yang ringan dengan model kayu solid dapat membuat kamar kedap suara.

Letakkan Peredam Suara di Langit-Langit Kamar

Untuk peredam suara atau sound proofers yang bagus, efektif diletakkan di langit-langit kamar. Busa akustik awan yang digantung di langit-langit ruangan ini untuk menghilangkan gema dan menyerap suara. Meski mahal, peredam suara ini bekerja baik pada kamar dengan langit-langit yang tinggi.

Baca Juga: Jalan Depan Rumah Dipagari Tetangga, Wanita Ini Tantang Pakai Sertifikat Tanah

Atur Ulang Ruangan

Peredam suara tidak harus dengan biaya yang besar. Bahkan, kamu bisa membuat kamar yang kedap suara tanpa membeli barang apapun. Terkadang apa yang diperlukan hanyalah mengatur dan menata ulang furnitur dengan tujuan menyerap dan mencegahnya mengganggu telinga.

Salah satu strategi efektif untuk menghalangi kebisingan adalah dengan memindahkan lemari atau rak buku yang berat ke dinding yang menghadap ke luar atau ke dinding yang berada di belakang lorong.

Ilustrasi kamar homestay. (Pixabay/@ErikaWittlieb)
Ilustrasi kamar tidur. (Pixabay/@ErikaWittlieb)

Tirai Penangkap Suara

Saat kamu menutupi jendela dengan tirai kedap suara, kamu mendapat sentuhan dekoratif yang menarik dan peredam suara yang efektif memblokir kebisingan suara dari luar kamar.

Memasang Wallpaper Kamar

Wallpaper dinding menambah sesuatu ekstra yang ternyata bisa membantu mengontrol kebisingan. Wallpaper kedap suara terbuat dari busa polietilen tebal yang meredam getaran dan suara dari luar ruangan.

Panel yang Damai

Memasang beberapa panel busa akustik satu atau lebih pada dinding kamar adalah cara cepat dan efektif mengurangi suara yang masuk ke kamar. Panel tersedia dalam berbagai tekstur dan warna yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Itulah beberapa cara membuat kamar kedap suara yang mudah dan sederhana untuk diterapkan. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar