facebook

Itinerary adalah Panduan Perjalanan, Berikut Pengertian Itinerary Wisata dan Manfaatnya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Itinerary adalah Panduan Perjalanan, Berikut Pengertian Itinerary Wisata dan Manfaatnya
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Artem B)

Bagi banyak orang, itinerary adalah hal penting sebelum melakukan sebuah perjalanan.

Suara.com - Banyak orang menganggap itinerary adalah hal yang harus disiapkan. Sebelum melakukan perjalanan wisata ke kota yang ingin dituju, tak sedikit orang yang memerlukan persiapan yang matang, terlebih jika belum pernah melakukan perjalanan ke destinasi wisata yang bakal dituju.

Perencanaan wisata juga diperlukan untuk mengetahui berapa bujet pengeluaran selama perjalanan agar tidak ada pembengkakan biaya. Nah, perencanaan wisata tersebut biasa dikenal dengan itinerary.

Apa pengertian itinerary wisata? Itinerary adalah sebuah rencana berbentuk daftar kegiatan, lengkap dengan estimasi biaya yang diperlukan selama perjalanan dengan detail dan terarah. Perencanaan ini bisa meliputi daftar wisata tujuan, jadwal kegiatan, akomodasi, transportasi dan konsumsi yang diperlukan.

Ilustrasi liburan. (Unsplash/Clarisse M)
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Clarisse M)

Itinerary sebagai pedoman perjalanan wisata

Baca Juga: 3 Rekomendasi Wisata Klaten Selain Candi Prambanan

Itinerary biasanya digunakan agar perjalanan wisata bisa terlaksana dengan lancar dan efisien. Itu tentu karena semua orang tentu menginginkan kegiatan wisata yang maksimal, dapat mengunjungi berbagai destinasi sesuai jadwal dan memperhitungkan jumlah pengeluaran.

Itinerary ini biasanya digunakan oleh agensi wisata untuk sebagai pedoman perjalanan wisata agar dapat terlaksana dengan tepat waktu dan sesuai rencana. Para turis juga biasanya diberikan informasi jadwal perjalanan dan turis diharuskan untuk menaati seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

Membuat itinerary wisata bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan, tapi butuh ketelitian. Itinerary tidak sekadar memilih tujuan wisata, membeli tiket transportasi dan pemesanan penginapan selama wisata, namun juga harus mengetahui kondisi lapangan yang sebenarnya.

Pelajari Itinerary secara mendalam

Jika ingin mendapatkan informasi mengenai tujuan wisata yang diinginkan, pastikan untuk melakukan riset mendalam. Ketahui lokasi pasti tujuan, budaya masyarakat sekitar, sejarah dan juga kuliner khas yang wajib untuk dicoba.

Baca Juga: 7 Wisata Bali Terbaru 2021, Mulai dari Kafe Hits Instagramable hingga Pantai Eksotis

INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!
INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!

Kamu akan mendapatkan pengalaman lebih menarik jika terlebih dahulu mempelajari lokasi tujuan wisata. Kamu juga bisa menonton video para travel vlogger di YouTube maupun sekedar membaca artikel mengenai wisata tersebut.

Selain itu, kamu harus mengetahui ulasan para turis terhadap tempat wisata agar tidak merasa kecewa atau kurang puas saat mengunjunginya nanti.

Dengan adanya itinerary, seluruh kebutuhan selama perjalanan wisata dapat lebih diperhitungkan. Demikian adalah informasi mengenai pengertian itinerary lengkap dengan cara membuat itinerary yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat itinerary secara mandiri. Lalu, mana tempat wisata idaman yang sangat ingin kamu kunjungi?

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar