alexametrics

Perkembangan ECommerce Dorong Pertumbuhan Berbagai Profesi Baru, Apa Saja?

Vania Rossa
Perkembangan ECommerce Dorong Pertumbuhan Berbagai Profesi Baru, Apa Saja?
ecommerce

Inilah kisah 3 profesi baru sebagai pahlawan ekonomi digital yang didorong oleh pertumbuhan ecommerce di Indonesia.

Suara.com - Perkembangan industri eCommerce yang terus melesat membuka peluang baru bagi masyarakat, sekaligus melahirkan banyak pahlawan ekonomi digital yang berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Sebagai salah satu pionir eCommerce yang telah hadir di Indonesia sejak hampir 10 tahun lalu, Lazada Indonesia (Lazada) terus mengembangkan berbagai program pemberdayaan untuk mencetak lebih banyak masyarakat yang bisa menjadi pahlawan ekonomi digital di Indonesia.

Saat ini, tercatat sekitar 15,9 juta UMKM telah terhubung dengan ekosistem digital, meningkat 100% dibandingkan sebelum pandemi.
Data Lazada juga mencatatkan pertumbuhan jumlah penjual di Lazada sebesar hampir tiga kali lipat pada Oktober 2021 dibandingkan dengan data pada awal pandemi di Maret 2020.

Keberadaan eCommerce terbukti mendorong transformasi digital di sektor UMKM demi bisa bertahan dan mengembangkan usahanya. Selain bagi dunia usaha, pertumbuhan eCommerce juga membuka kesempatan baru di sektor logistik dan sektor shoppertainment, dengan semakin banyaknya peluang menjadi bagian dari ekosistem digital ekonomi serta munculnya profesi-profesi baru yang bisa membantu menumbuhkan industri.

Baca Juga: 9 Artis Punya Profesi Lain, Bergengsi Semua!

Ferry Kusnowo, Executive Director Lazada Indonesia, mengatakan bahwa sejak hadir di Indonesia, Lazada berkeinginan untuk dapat berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian dengan membuka banyak kesempatan kerja di ekosistem Lazada.

Lazada juga menawarkan banyak peluang untuk bergabung sebagai penjual online, mitra kurir atau frontliner, livestreamer di Laztalent, dan masih banyak lainnya.

Dalam konferensi pers daring, Selasa (23/11/2021), Lazada mengajak 3 pahlawan ekonomi digital yang telah mencicipi sukses dan memberi manfaat kepada keluarga, lingkungan, dan komunitas sekitar.

1. Asep Soleh Hidayat - seller, pemilik toko sepatu bayi ‘Syalu’ di LazMall

Asep Soleh Hidayat, pemilik toko sepatu  bayi ‘Syalu’ di LazMall. (Dok. Lazada)
Asep Soleh Hidayat, pemilik toko sepatu bayi ‘Syalu’ di LazMall. (Dok. Lazada)

Pernah delapan tahun menjadi karyawan perusahaan multifinance dan sempat mencicipi profesi sebagai driver online, Asep banting setir di tahun 2018 untuk memulai usaha menjual produk sepatu bayi. Saat itu ia melihat peluang dari banyaknya pengrajin sepatu bayi di daerahnya yang mampu memproduksi sepatu bayi berkualitas ekspor.

Baca Juga: Sebut Tes PCR Habiskan Rp 15 Triliun, Ahli: Anggaran Sebanyak Itu Baiknya untuk Vaksinasi

Keputusan Asep berbuah manis karena produknya laris manis di pasaran. Dalam waktu 3 tahun, kini ia menerima ratusan pesanan produk setiap harinya, dan bahkan bisa mencapai lebih dari 5.000 pesanan per hari saat kampanye mega di Lazada.

Komentar