alexametrics

Gula Aren vs Gula Pasir, Mana Lebih Enak Untuk Campuran Kopi?

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Gula Aren vs Gula Pasir, Mana Lebih Enak Untuk Campuran Kopi?
Ilustrasi Kopi (Unsplash @nate_dumlao)

Gula pasir dan gula aren, dua di antaranya yang paling sering jadi campuran kopi sebagai pemanis. Namun, di antaranya keduanya, mana yang lebih nikmat?

Suara.com - Pahit menjadi rasa dasar dari kopi. Namun, tidak semua orang bisa menikmati alami rasa pahit tersebut. Oleh sebab itu, seringkali ditambah pemanis seperti gula.

Seiring kebiasaan minum kopi makin menjadi tren, campurannya pun kian banyak. Gula pasir dan gula aren, dua di antaranya yang paling sering jadi campuran kopi sebagai pemanis. Namun, di antaranya keduanya, mana yang lebih nikmat?

Menurut Head of coffee Kopi Kenangan Mikael Jasin, keduanya sebenarnya bisa sama-sama enak. Sebab, rasa nikmat kopi sebenarnya sangat personal, tergantung selera. 

Ilustrasi Kopi. (Nathan Dumlao/Unsplash)
Ilustrasi Kopi. (Nathan Dumlao/Unsplash)

"Balik lagi tergantung selera. Setiap gula pun punya cita rasa berbeda-beda," kata Mikael ditemui di Kenangan Haritage, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Viral Cowok Pesan Minum di Warung Sate, Publik Jijik Pas Lihat Gelasnya: Kok Bekas?

Selain gula aren dan gula pasir, jenis gula kelapa juga kerap jadi campuran kopi. Mikael mengatakan, ketiga jenis gula tersebut akan memberikan cita rasa yang berbeda-beda untun setiap seduhan kopi.

"Gula aren biasanya rasa lebih kompleks. Gula pasir yang rasanya manis aja, tapi kurang mengubah rasa. Ada juga gula kelapa yang punya cita rasa sendiri. Dia kalau kena kopi rasanya jadi unik. Mau kopi rasanya seperti apa, bisa dikreasikan sendiri," ujarnya.

Setiap jenis gula tersebut bisa dicampur dengan biji kopi apa pun yang berasal dari daerah mana saja, imbuh Mikael. Sisanya, tinggal bagaimana mengkreasikan gakaran kopi dan gula sesuai selera. 

Menurut Mikael, tak harus punya alat kopi selengkap di kafe untuk bisa minum kopi dengan cita rasa tinggi. 

"Yang penting biasanya ada air panas, kopi yang sudah digiling, itu bisa bikin kopi sendiri. Sisanya tinggal kita kreasikan sendiri," ujar Mikael.

Baca Juga: Warung Ditinggal Salat, Pria Asing Datang Ambil Barang Tak Terduga

Komentar