alexametrics

Tinggi Nutrisi, Ini 6 Makanan untuk Darah Rendah yang Dianjurkan

Arendya Nariswari
Tinggi Nutrisi, Ini 6 Makanan untuk Darah Rendah yang Dianjurkan
Ilustrasi pusing karena darah rendah (pexels.com/@olly)

Mulai dari daging sapi hingga kopi, simak daftar 6 makanan untuk penderita darah rendah berikut ini.

Suara.com - Tekanan darah rendah, juga disebut hipotensi, didefinisikan sebagai setiap tingkat tekanan darah yang turun di bawah tingkat normal. Penyebab tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh dehidrasi, penyakit tiroid, kebiasaan berdiri terlalu lama, dan pendarahan di dalam. Hipertensi dapat diatasi melalui perubahan pola makan Anda dengan meningkatkan kadar garam sehingga aliran darah meningkatkan. Lalu apa saja makanan untuk darah rendah yang paling baik dikonsumsi? Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir dari laman medicinenet, Minggu (28/11/2021).

Makanan untuk Darah Rendah

Banyak orang yang mungkin tidak menyadari memiliki tekanan darah rendah sebelum periksa ke dokter. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menambahkan lebih banyak garam ke makanan yang Anda konsumsi.

Selain itu, kurangnya nutrisi dalam makanan seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia dan tekanan darah rendah. Oleh karena itu, makanan berperan penting dalam pengobatan darah rendah.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Bisa Berakibat Buruk Jika Tetap Dikonsumsi

1. Hati sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Satu porsi 100 gram hati sapi mengandung jumlah B12 yang sangat tinggi. Nutrisi ini sangat baik untuk mencegah tubuh dari anemia dan tekanan darah rendah.
Telur. Satu telur mengandung asam folat dan vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Seperti vitamin B12, asam folat adalah nutrisi penting untuk meningkatkan tekanan darah rendah.

2. Daging merah

Ilustrasi daging sapi
Ilustrasi daging sapi

Daging merah adalah salah satu sumber zat besi yang paling banyak tersedia dan dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan tekanan darah rendah. Daging merah sapi mengandung zat besi tertinggi dalam makanan. Makanan untuk darah rendah ini bisa diambil manfaatnya terlepas beberapa dokter menyarankan untuk menghindari daging merah.

3. Air

Baca Juga: Bawa Bekal Makanan dari Istri, Pria Ini Nangis Temukan Ada Lauk yang Masih Mentah

Ilustrasi air minum. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi air minum. (Pexels/Pixabay)

Penyebab utama tekanan darah rendah salah satunya adalah dehidrasi. Kadar air yang kurang sebenarnya mengurangi volume darah hingga menurunkan tekanan darah. Orang dengan anemia dan hipotensi harus minum sekitar 8 gelas per hari dan membatasi konsumsi alkohol.

4. Kopi

Ilustrasi kopi. (Pixabay)
Ilustrasi kopi. (Pixabay)

Kafein dalam kopi adalah stimulan yang dapat meningkatkan detak jantung dan tingkat tekanan darah. Minum kopi dapat membantu dalam perbaikan jangka pendek, namun tidak permanen. 

Makanan untuk darah rendah lainnya. Ada banyak makanan lain yang akan membantu meningkatkan kadar garam, vitamin B12, asam folat, dan zat besi dalam tubuh. Termasuk daging sapi, zaitun, keju, brokoli, asparagus, kacang-kacangan, buncis, ayam, dan ikan.

Itulah beberapa jenis makanan untuk darah rendah yang bagus untuk meningkatkan tekanan darah. Selalu konsultasikan kepada dokter masing-masing untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar