alexametrics

Rantai Makanan adalah Apa? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rantai Makanan adalah Apa? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya
Tupai sedang makan kacang kenari. [Shutterstock]

Rantai makanan adalah sebuah urutan yang juga menjelaskan pola makan atau hubungan antara organisme hidup.

Suara.com - Rantai makanan adalah urutan linier organisme di mana nutrisi dan energi ditransfer dari satu organisme ke organisme lainnya. Ini terjadi ketika satu organisme mengkonsumsi organisme lain. Prosesnya dimulai dengan organisme produsen, mengikuti rantai dan diakhiri dengan organisme pengurai.

Setelah memahami rantai makanan, kita menyadari bagaimana satu organisme bergantung pada spesies lain untuk bertahan hidup. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat aspek lain dari rantai makanan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Apa itu rantai makanan?

Melansir dari situs Study, Senin (29/11/2021), rantai makanan menunjukkan hubungan timbal balik antara produsen dan konsumen dengan menggambarkan bagaimana energi dipertukarkan ketika satu organisme memakan organisme lain.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

ILUSTRASI Rantai Makanan
ILUSTRASI Rantai Makanan

Rantai makanan adalah alur yang mewakili pertukaran energi dari satu organisme ke organisme lain. Dengan kata lain, itu adalah urutan kronologis siapa yang makan siapa dalam komunitas biologis. Rantai makanan berjalan seiring dengan jaring makanan, meskipun ada perbedaan di antara keduanya.

Rantai makanan juga menjelaskan pola makan atau hubungan antara organisme hidup. Tingkat trofik mengacu pada tahapan berurutan dalam rantai makanan, dimulai dengan produsen di bagian bawah, diikuti oleh konsumen primer, sekunder dan tersier. Setiap tingkat dalam rantai makanan dikenal sebagai tingkat trofik.

Cara Kerja Rantai Makanan

Setiap rantai makanan dimulai dengan sumber energi utama. Sumber energi yang paling jelas adalah matahari. Organisme berikutnya yang mendapat manfaat dari sumber awal ini disebut produsen utama. Ini adalah organisme yang dapat membuat makanan mereka sendiri dari sumber energi utama.

Contohnya adalah tanaman dan ganggang. Misalnya, tumbuhan merupakan produsen utama karena dapat memanfaatkan dan menggunakan energi dari matahari melalui proses yang disebut fotosintesis.

Baca Juga: Pengertian Rantai Makanan di Laut Serta Komponennya

Setelah tanaman melakukan fotosintesis, organisme lain akan datang dan memakan tanaman, mengambil energinya untuk digunakan sebagai miliknya.

Sebagai manusia, kita bukan produsen utama karena kita tidak dapat menciptakan energi sendiri untuk bertahan hidup, dan harus mengonsumsi energi dari sumber lain, seperti tanaman.

Dengan memakan tumbuhan, kita adalah bagian dari urutan berikutnya dalam rantai makanan yang disebut konsumen primer atau organisme yang mengkonsumsi produsen primer.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar