alexametrics

Inilah Alasan Kucing Perlu Litter Box atau Kotak Pasir, Jangan Disepelekan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Inilah Alasan Kucing Perlu Litter Box atau Kotak Pasir, Jangan Disepelekan
Ilustrasi kucing yang membutuhkan litter box (Envato Elements)

Apa sebenarnya alasan kucing perlu litter box? Lalu, mereka malah kadang enggan menggunakannya?

Suara.com - Salah satu perilaku kucing yang bisa kita amati adalah penggunaan litter box atau kotak pasir. Mengapa kucing membutuhkan litter box? Apakah litter box hanya digunakan oleh kucing atau dapatkan hewan lain menggunakannya? Dilansir dari Cuteness, berikut ulasan mengenai alasan kucing perlu litter box .

Alasan Kucing Perlu Litter Box

Alasan kucing perlu litter box utamanya adalah mengubur kotorannya dan menutupi baunya. Kebanyakan kucing menggunakan litter box karena mereka memiliki naluri alami untuk mengubur urin dan kotoran untuk menutupi baunya. Dengan cara tersebut, litter box membantu dan mudah digunakan.

Ilustrasi kucing yang membutuhkan litter box (Envato Elements)
Ilustrasi kucing yang membutuhkan litter box (Envato Elements)

Secara historis, kucing adalah mangsa hewan yang lebih besar. Dengan menutupi kotoran dan urin, kucing dapat mencegah predator menemukan keberadaan mereka. Ini adalah taktik bertahan hidup.

Baca Juga: Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Hingga 6 Bulan

Kucing rumahan jarang buang air di luar kotak pasir. Jika hewan peliharaan Anda berhenti menggunakan kotak pasirnya, penting untuk mengamati kondisi litter box dan kondisi kesehatan kucing itu sendiri.

Jika ada permasalahan medis, segera konsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui masalah kesehatan atau perilaku kucing yang perlu ditangani.

Lalu, mengapa kucing enggan menggunakan litter box?

Jika kucing biasanya menggunakan litter box tapi lalu seringkali membuang kotoran di luar kotak pasir, itu bukan karena kucing lupa cara menggunakannya. Sebenarnya, ada alasan yang mendasari.

Kotak pasir mungkin terlalu kecil serta berada di area rumah yang ramai atau sulit diakses. Kotak pasir juga mungkin terlalu kotor. Kucing adalah hewan yang suka kebersihan dan biasanya akan menghindari litter box jika tidak dibersihkan secara teratur.

Baca Juga: 3 Penyebab Kucing Muntah Busa dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Jika Anda telah membersihkan kotak pasir, mengganti ukuran yang lebih besar, dan memindahkan ke tempat lain, dan kucing masih tidak mau menggunakan, segera temui dokter hewan.

Kucing yang biasanya perlu litter box, namun di suatu waktu tidak menggunakannya, adalah salah satu cara kucing berkomunikasi dengan manusia melalui perubahan perilakunya. Ada sesuatu yang ingin kucing sampaikan kepada Anda.

Itulah sekilas penjelasan tentang alasan kucing perlu litter box. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar