facebook

6 Tanda Masker Wajah Tidak Cocok di Kulit, Gatal-Gatal hingga Jerawatan

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Tanda Masker Wajah Tidak Cocok di Kulit, Gatal-Gatal hingga Jerawatan
Ilustrasi dengan masalah wajah berjerawat. (Shutterstock)

Apa saja tanda masker wajah yang kamu gunakan tidak cocok untuk kondisi kulitmu? Berikut beberapa gejala yang perlu dipahami.

Suara.com - Penggunaan masker wajah memang banyak diandalkan dalam rutinitas perawatan kecantikan. Sayangnya, kadang ada momen di mana wajah justru menunjukkan reaksi yang tidak diharapkan. Lalu, apa saja tanda masker wajah tidak cocok di kulit?

Dirangkum dari Yukepo.com—jaringan Suara.com, berikut beberapa hal yang menunjukkan bahwa masker wajah yang kamu pakai tidak cocok untuk kondisi kulitmu.

Kulit kering, bahkan mengelupas

Ada jenis masker wajah yang dirancan untuk membantu eksfoliasi, tapi waspada jika kulit menjadi kering dan mengelupas. Itu bisa jada bahwa kulitmu tidak cocok menggunakan masker tersebut.

Baca Juga: 6 Jenis Masker Wajah, Pahami Perbedaan Cara Pakai dan Manfaatnya

Ilustrasi wajah berjerawat. (shutterstock)

Jerawat

Hal lain yang harus diwaspadai adalah munculnya jerawat. Kalau kamu punya kulit berjerawat, pilih produk noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

Kulit kemerahan dan iritasi

Kondisi ini bisa muncul akibat reaksi terhadap kandungan bahan tertentu pada masker wajah yang kamu gunakan. Pemilik kulit sensitif biasanya rentan mengalami masalah kulit ini.

Kulit terasa sakit saat melepas masker

Baca Juga: 5 Camilan Penyebab Kulit Berjerawat, Makanan Cepat Saji hingga Gorengan

Masker yang dibiarkan kering terlalu lama malah bisa merusak kulit. Sel kulit yang sehat bisa ikut terangkat sehingga menimbulkan rasa sakit saat masker dilepas.

Gatal-gatal

Pernah merasa gatal-gatal setelah menggunakan masker wajah? Kondisi tersebut bisa jadi tanda masker wajah tidak cocok di kulit wajahmu.

Kamu juga harus waspada jika muncul bercak merah dan bengkak pada kulit. Itu umumnya merupakan bentuk reaksi alergi terhadap kandungan tertentu pada produk skincare.

Kulit jadi terlalu kencang

Banyak orang ingin memiliki kulit kencang, tapi tentu bukan yang berlebihan. Efek kencang ini biasanya terjadi setelah menggunakan clay mask. Jenis masker wajah satu ini memang bagus, tapi tidak semua cocok memakainya.

Komentar