facebook

7 Makanan Indonesia yang Lezatnya Mendunia, Popularitas Nasi Goreng Meroket Terus

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Makanan Indonesia yang Lezatnya Mendunia, Popularitas Nasi Goreng Meroket Terus
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Selain nasi goreng, apa lagi makanan Indonesia yang kelezatannya telah diakui masyarakat dunia?

Suara.com - Kekayaan cita rasa makanan khas Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Oleh karenanya, tidak heran jika beberapa makanan Indonesia bahkan sudah mendunia, salah satunya rendang.

Namun selain rendang, masih banyak lagi masakan Indonesia yang sudah dikenal oleh dunia. Berikut beberapa di antaranya.

Nasi Goreng

Salah satu makanan Indonesia yang mendunia adalah nasi goreng. Cara pembuatannya yang mudah, dengan topping yang bisa beragam dan cocok di makan kapan saja, menjadi alasan mengapa nasi goreng bisa mendunia.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa Timur Paling Lezat, Cita Rasanya Tak Tertandingi

Saat ini, setidaknya ada 45 jenis nasi goreng dengan 59 ragam pengembangan ada di Indonesia.

Gudeg Yogyakarta (shutterstock/Bagus Satria)
Gudeg Yogyakarta (shutterstock/Bagus Satria)

Gudeg

Tidak hanya terkenal di Indonesia, makanan khas Jogja satu ini bahkan sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Saat ini, sudah ada banyak produk gudeg kalengan yang diimpor ke luar negeri.

Cita rasa manis pada nangka muda mentah yang menjadi bahan utama gudeg, dipadukan dengan telur, ayam, krecek, dan bahan pendamping lain, membuat siapa pun ingin mencobanya.

Sate

Baca Juga: 5 Salad dari Berbagai Negara, Kudapan Enak, Sehat, dan Bisa Ganjal Lapar

Sate merupakan salah satu makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Bahan dasar sate pun beragam, mulai dari daging ayam, kambing, sampai kelinci. Bahkan, beberapa jenis sate ada yang menggunakan tempe sebagai pengganti protein daging.

Hal yang membedakan sate dari satu daerah dengan daerah lain biasanya ada pada saus yang diguyurkan di atasnya.

Soto

Makanan Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah soto. Umumnya, soto disajikan dengan kuah serta suwiran daging ayam atau sapi.

Sama halnya dengan sate, setiap daerah di Indonesia juga memiliki cita rasa sotonya masing-masing. Soto biasa disantap dengan nasi, keripik tempe, dan taburan bawang goreng di atasnya.

Ilustrasi Soto Ayam (Elements Envato)
Ilustrasi Soto Ayam (Elements Envato)

Bakso

Makanan berkuah satu ini juga berhasil membius lidah orang-orang di penjuru dunia. Semangkuk bakso biasanya terdiri atas bola daging, mie, tahu, seledri, bawang goreng, dan potongan daging sapi rebus.

Salah satu penggemar bakso dari luar negeri adalah mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Gado-gado

Makanan sehat yang terdiri dari berbagai sayuran, seperti selada, wortel, kangkung, timun, dan labu siam ini rupanya juga sudah mendunia. Potongan sayur pada gado-gado itu kemudian akan diguyur dengan saus kacang yang gurih sebelum masuk ke dalam mulut.

Di Indonesia sendiri, harga gado-gado terbilang cukup murah sehingga bisa dijangkau semua kalangan.

Ilustrasi sajian nasi padang (Envato Elements)
Ilustrasi sajian nasi padang (Envato Elements)

Nasi Padang

Hanya dengan mendengar namanya, nasi padang sudah membuat sebagian besar orang Indonesia langsung ingin mencicipinya. Salah satu ciri khas nasi padang sendiri adalah cara penyajiannya.

Pada beberapa restoran, pelayan akan membawakan semua menu yang mereka miliki ke atas meja untuk kemudian dipilih langsung oleh pelanggannya. Beberapa lauk nasi padang yang menjadi andalan adalah ayam pop, rendang, gulai ikan, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa makanan Indonesia yang kelezatannya terkenal di kalangan masyarakat dunia. Menu apa yang jadi favorit Anda?

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar