facebook

Rekomendasi Makanan Vegetarian yang Cocok untuk Diet Sehat, Mulai dari Sarapan, Camilan, hingga Makan Malam

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rekomendasi Makanan Vegetarian yang Cocok untuk Diet Sehat, Mulai dari Sarapan, Camilan, hingga Makan Malam
Ilustrasi makanan vegetarian (Pixabay/einladung_zum_essen)

Dari berbagai jenis diet, salah satu yang cukup populer saat ini adalah diet vegetarian. Tidak hanya menurunkan berat badan, makanan vegetarian juga baik untuk kesehatan.

Suara.com - Diet vegetarian menjadi salah satu pilihan diet yang populer saat ini. Tidak hanya bertujuan menurunkan berat badan, dengan jenis diet ini, Anda juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Lalu, makanan vegetarian apa saja yang juga cocok dijadikan menu diet?

Menu diet vegetarian umumnya berbahan dasar sayur-sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan. Nah, supaya diet bisa berjalan lancar, tentu penting adanya untuk membuat jadwal makan supaya tidak salah dan terlewatkan.

Dilansir dari laman BBC Good Food, berikut menu diet vegetarian dari pagi sampai malam.

ilustrasi sayuran (Pixabay.com/JerzyGorecki)
ilustrasi sayuran (Pixabay.com/JerzyGorecki)

Makanan Vegetarian yang Cocok untuk Menu Diet

Baca Juga: Bisa Buat Malnutrisi, 8 Jenis Diet Ini Berbahaya untuk Tubuh

Sarapan

Sarapan berbasis protein merupakan pilihan ideal bagi seorang vegetarian yang mengenyangkan sekaligus menopang energi untuk beraktivitas. Selain nasi, Anda bisa sarapan dengan roti panggang atau sereal dengan pelengkap orak-arik telur sebagai topping roti panggang.

Telur memberi keseimbangan antara kebutuhan protein berkualitas dan lemak. Kuning telur juga memberikan vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi.

Sementara itu, sereal juga baik untuk memberikan asupan zat besi. Dengan menambahkan jus buah, penyerapan zat besi akan lebih optimal.

Menu sarapan diet vegetarian:

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Diet? Dokter Ungkap Jawabannya

  • Pancake protein bayam
  • Apel dan bubur biji rami
  • Roti panggang topping orak-arik omelet

Camilan pagi

Untuk camilan di pagi hari, usahakan untuk memilih makanan bergizi dengan nutrisi utama zat besi dan vitamin D. Ganti biskuit di pagi hari dengan muffin isi buah, smoothie buah, atau roti panggang dengan irisan pisang.

Makan siang

Pada menu makan siang, usahakan untuk mendapat campuran protein dari kacang-kacangan, kacang polong, biji-bijian, atau produk olahan susu yang dikombinasikan dengan karbohidrat bertepung.

Namun, hindari memilih sumber karbohidrat yang dapat memicu kenaikan gula dengan pesat seperti nasi. Sebagai gantinya, konsumsi gandum utuh berserat tinggi.

Sajian kacang hitam (shutterstock)

Selain itu, pilih makanan dengan lemak tidak jenuh, karena lemak juga dibutuhkan untuk sumber energi serta membantu dalam penyerapan beberapa vitamin seperti A, D, E, dan K.

Menu makan siang diet vegetarian:

  • Sup jamur
  • Nasi kacang hitam, tahu, dan alpukat
  • Risotto sup ayam, sayuran india labu

Camilan siang

Keripik tentu terdengar sangat nikmat untuk dijadikan camilan siang hari. Namun, sebagai seorang pegiat diet vegetarian, pilihlah campuran biji, keju krim rendah lemak, atau salad warna-warni untuk dinikmati saat makan siang.

Makan malam

Diet vegetarian bukan berarti meminimalisir konsumsi karbohidrat secara ekstrim di malam hari. Dengan menu makan malam, Anda dapat menurunkan porsi sarapan dan memenuhi kebutuhan energi di malam hari.

Kombinasikan beberapa lemak esensial yang sehat, misalnyai kacang-kacangan terutama kenari, dan biji-bijian seperti labu dengan berbagai sumber protein seperti tahu dan telur.

Menu makan malam diet vegetarian:

  • Spaghetti dengan pesto kenari
  • Kari jamur dan kentang
  • Mi cina dengan tahu dan hazelnut

Itulah beberapa makanan vegetarian yang cocok untuk dijadikan menu diet sehat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar