facebook

4 Manfaat Makan Popcorn Bagi Kesehatan, Camilan Nikmat Pendamping Nonton Film

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
4 Manfaat Makan Popcorn Bagi Kesehatan, Camilan Nikmat Pendamping Nonton Film
Ilustrasi Popcorn.(Unsplash @fotojaaz)

Beberapa orang bahkan percaya popcorn dapat menjadi makanan ringan untuk diet sehat.

Suara.com - Popcorn atau berondong jagung merupakan salah satu jenis camilan paling umum saat nonton film di rumah atau di bioskop. Meski dikenal sebagai camilan tak sehat, nyatanya popcorn mengandung gandum utuh, tinggi serat, serta kaya akan antioksidan.

Beberapa orang bahkan percaya popcorn dapat menjadi makanan ringan untuk diet sehat. Itu terjadi karena popcorn memiliki beberapa vitamin dan juga mineral yang bagus untuk tubuh.

Nah, bagi kamu yang sering ngemil popcorn, ada berita bagus karena katanya, popcorn memilik empat manfaat. Apa saja? Yuk simak lebih lanjut.

Ilustrasi popcorn. (Pixabay/Stevepb)
Ilustrasi popcorn. (Pixabay/Stevepb)

1. Mengandung Vitamin dan Mineral
Melansir dari Insider, popcorn mengandung 26,3 mg potasium, di mana kandungan ini mampu menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan mendukung fungsi saraf. Selain itu, kandungan zat besi sebesar 0,26 mg pada popcorn juga membantu menciptakan sel darah merah yang bertanggung jawab untuk oksigen.

Baca Juga: Bisa Buat Malnutrisi, 8 Jenis Diet Ini Berbahaya untuk Tubuh

Selain zat besi dan potasium, popcorn juga mengandung seng (0,25 mg) yang dapat membantu meningkatkan suasana hati hingga sistem kekebalan tubuh.
Sedangkan, kandungan 11,5 mg magnesium juga mendukung kesehatan tulang, otak, dan juga otot.

Kandungan 1 gram protein dan 1 gram serat juga membantu tubuh membangun otot. Bahkan, makanan ringan yang satu ini juga dipercaya dapat mendukung kesehatan pencernaan.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Dikenal sebagai makanan ringan yang berasal dari biji-bijian utuh, mengonsumsi popcorn dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Sebagai contoh, sebuah penelitian tahun 2010 mengatakan, orang dewasa paruh baya yang sehat yang mengonsumsi tiga porsi gandum setiap hari, memiliki risiko penyakit kardiovaskular serta menurunkan tekanan darah yang lebih rendah.

3. Mendukung Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat yang ada pada popcorn disebut mampu mendorong kebiasaan buang air besar lebih teratur. Itu artinya, makanan ini bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Diet? Dokter Ungkap Jawabannya

Studi tahun 2016 menemukan, 77 persen peserta dewasa dari tujuh penelitian berbeda, berhasil mengobati sembelit kronis dengan mengonsumsi lebih banyak makanan berserat.

4. Mengurangi Risiko Kanker
Popcorn kaya akan jenis antioksidan, yang dikenal sebagai asam fenolik atau polifenol. Beberapa penelitian menunjukkan, polifenol disebut mampu mengurangi beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan prostat.

Maka dari itu, popcorn diklaim merupakan makanan ringan satu-satunya yang dapat melindungi dari penyakit kanker. Hal yang paling penting untuk bisa mendapatkan manfaat terbaik dari popcorn adalah makan secukupnya dan diolah dengan benar tanpa kalori, garam ataupun gula berlebih.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar