facebook

Benda-benda yang Dilarang di Kamar Tidur, Terdengar Sepele tapi Sebaiknya Disingkirkan

Arendya Nariswari
Benda-benda yang Dilarang di Kamar Tidur, Terdengar Sepele tapi Sebaiknya Disingkirkan
https://pixabay.com/id/users/lisaphotos195-23555986/

Diklaim bisa menurunkan kualitas tidur, simak informasi lengkap terkait benda-benda yang dilarang di kamar tidur berikut ini.

Suara.com - Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang penting untuk selalu dijaga, karena di sanalah kita bisa beristirahat dan kembali mengumpulkan energi setelah seharian beraktifitas. Siapa sangka, meskipun sepele sejumlah benda-benda dilarang di kamar tidur karena diklaim bisa menurunkan kualitas istirahat seseorang. 

Dengan kamar tidur yang nyaman, Anda akan memiliki kualitas tidur yang bagus dan energi yang cukup untuk melewati kegiatan keesokan harinya.

Selain itu, Anda juga perlu menjauhkan beberapa hal berikut, salah satunya hewan peliharaan Anda dari kamar tidur supaya kenyamanan tetap terjaga.

Dilansir dari laman Organized Interiors, berikut 7 barang yang sebaiknya tidak ada di kamar tidur

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Menparekraf Sandiaga Ungkap Jumlah Kamar Hotel Kurang 25 Ribu Kamar

1. Hewan peliharaan

Sebuah survei di American Pet Products Association menemukan bahwa hampir 50% dari pemilik anjing membiarkan hewan peliharaan mereka tidur di kasur.

Tentu saja hal ini menimbulkan kenyamanan bagi beberapa orang. Namun, jika hewan peliharaan mengganggu dan kiranya sedang sakit, memberikan mereka tempat tidur sendiri adalah solusi terbaik.

2. Perangkat elektronik

Menyingkirkan barang elektronik dari kamar mungkin hal yang cukup sulit, mengingat kita terbiasa menggunakannya sepanjang waktu.

Baca Juga: Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II, dari Tidur selama 8,5 Jam hingga Rutin Berjalan-jalan

Namun, pastikan bahwa sinar radiasi yang dipancarkan dari layar laptop, hp, atau televisi tidak mengarah ke tempat tidur Anda, karena sinar ini akan memicu produksi melatonin di otak yang dapat mengganggu tidur.

Coba lepaskan diri Anda dari barang elektronik seperti handphone beberapa jam sebelum waktu tidur.

3. Peralatan olahraga

Jika Anda menyukai olahraga, pastikan bahwa peralatan olahraga memiliki tempatnya sendiri dan jangan membawanya ke kamar tidur. 

Pada umumnya peralatan olahraga tidak terlalu higienis karena digunakan sampai kita berkeringat. Selain itu, dengan membiarkan peralatan olahraga tergeletak di samping tempat tidur tanpa menggunakannya akan menimbulkan perasaan bersalah yang mungkin membuat tidur tidak nyaman.

4. Meja kerja

Sebuah studi mengungkapkan bahwa setengah dari 1.000 pekerja yang disurvei membaca dan menanggapi email bisnis di tempat tidur, bahkan membawa meja kerja ke kamar.

Namun, perlu diingat bahwa kamar tidur harusnya menjadi ruang di mana Anda beristirahat dan bersantai, bukannya mempermasalahkan pekerjaan.

5. Pakaian kotor

Menimbun pakaian kotor menjadi salah satu hal yang sulit dihindari. Namun, pastikan bahwa tumpukan tersebut tidak berada di kamar anda.

Selain membuat kamar menjadi berantakan, tumpukan pakaian kotor juga bisa mempengaruhi kualitas udara di kamar. Apalagi, jika Anda meninggalkan pakaian atau handuk dalam keadaan lembab yang kemudian dapat memicu tumbuhnya jamur.

6. Kasur tua

Barang yang sebaiknya tidak ada di kamar tidur selanjutnya adalah kasur tua. Perlu diketahui, umur kasur yang direkomendasikan adalah 8-10 tahun. Namun sayangnya, beberapa masih menggunakan kasur yang berusia 30 tahun atau lebih.

Beberapa dari kita mungkin menunggu kasur benar-benar rusak sebelum akhirnya menggantinya. Padahal, kasur tua dapat menyebabkan masalah punggung dan membuat tidur tidak nyaman.

Selain itu, kasur tua biasanya juga dipenuhi dengan serangga-serangga kecil seperti tungau dan tentunya debu yang menumpuk.

7. Lingkungan yang berantakan

Kamar tidur seharusnya menjadi ruangan tenang dan santai di mana Anda mengisi ulang tenaga. Jadi, kualitas tidur memang harus diperhatikan.

Namun, dengan melihat kondisi lingkungan sekitar tempat tidur yang berantakan justru akan membuat pikiran terbebani dan merasa bahwa ada pekerjaan yang perlu segera dikerjakan.

Oleh karena itu, bersihkan dan rapikan kamar tidur secara teratur supaya mereka siap digunakan saat Anda benar-benar membutuhkan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar